Jumat 27 Maret, Asteroid 1.000 Meter Berpapasan dengan Bumi

Ilustrasi asteroid dekati Bumi.
  • Reuters/NASA/JPL-Caltech/Handout
NASA Siapkan Pesawat Khusus untuk Asteroid Pengancam Bumi
- Setelah berpapasan dengan Asteroid BL86, bumi akan kembali bertemu dengan asteroid lain. Kali ini asteroid itu bernama 2014-YB35.

Bumi Dibayangi Dua Komet Pekan Ini

Dilansir
Jurus Baru NASA Tangkal Asteroid Pengancam Bumi
Softpedia , Kamis 26 Maret 2015, asteroid YG35 akan mendekati bumi pada Jumat, 27 Maret 2015. Jaraknya sekitar 11,6 kali lebih dekat ketimbang bulan.

Dengan kata lain, 2014-YB35 tidak akan memberikan kekhawatiran bagi penduduk bumi. Jarak YB35 dengan bumi hanya sekitar 4,5 juta kilometer atau sekitar 2,8 juta mil. Bisa dibilang, untuk ukuran luar angkasa, jarak ini hampir mendekati. Namun ilmuwan memastikan jarak ini tidak akan membahayakan keselamatan bumi.

Asteroid YB35 ditemukan pertama kali pada 27 Desember 2014 oleh astronom yang bekerja di Catalina Sky. Itu merupakan proyek yang meneliti dan mengidentifikasi komet maupun asteroid yang berpotensi mengancam bumi.

Sejak ditemukan, batu luar angkasa itu telah diobservasi berkali-kali, bahkan dalam 380 kali kesempatan. Astronom memprediksi, ukurannya berkisar 440 sampai 990 meter atau sekitar 1.440 sampai 3.250 kaki.

Dengan ukuran sebesar itu, kecepatan batu luar angkasa mencapai 10,6 kilometer per detik atau sekitar 6,6 mil per detik.

Ini merupakan kali kedua dalam tahun ini sebuah asteroid hampir menabrak bumi. Sebelumnya, pada Januari, asteroid 2014-BL86 melewati bumi dengan jarak 1,2 juta kilometer atau sekitar 750.000 mil dari bumi.

Untungnya, meski jaraknya dekat, BL86 juga tidak berpotensi menabrak bumi. B86 pun melanjutkan perjalanannya di luar angkasa.

Setelah YB35 melintas, wujudnya tidak akan mendekat ke bumi sampai 2033 nanti. Asteroid itu akan kembali mengunjungi bumi pada tahun itu dengan jarak terdekatnya mencapai 3,2 juta kilometer atau sekitar 2 juta mil dari bumi.![vivamore="