TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Pendiri Apple Takut pada Komputer

Komputer berpotensi sama bahayanya dengan robot.
Pendiri Apple Takut pada Komputer
Steve Wozniak mengaku takut dengan bahaya komputer (REUTERS)
VIVA.co.id - Para tokoh teknologi dan ilmuwan besar satu suara mengenai keberadaan kecerdasan buatan (AI). Setelah Bill Gates, Stephen Hawking, dan Elon Musk menolak kehadiran AI, kini salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak menyatakan hal yang sama terhadap robot.

Namun, ada ketakutan yang berbeda oleh Wozniak dari ketiga tokoh tersebut. Wozniak mengungkapkan lebih takut terhadap komputer. Sebab menurutnya, perangkat teknologi itu menjadi obyek berbahaya, sama halnya dengan robot.

"Komputer akan mengambil alih dari manusia, tidak bisa dipungkiri. Jika kita membangun perangkat asli untuk mengurus segala sesuatu bagi kita, akhirnya mereka akan berpikir lebih cepat dari kita dan perusahaan akan menyingkirkan manusia secara perlahan agar lebih efisien," tutur dia dalam wawancara dengan Australian Financial Review, dikutip dari Daily Mail, Selasa, 24 Maret 2015.

Kemudian karib Steve Jobs ini pun menyindir, apa nantinya dengan semakin meluasnya komputer di dunia ini, peran manusia akan menjadi dewa atau hanya menjadi semut yang dapat diinjak dengan mudah.

"Saya tidak tahu," kata pria berumur 64 tahun tersebut.

Sebelumnya, Wozniak sudah bertahun-tahun menolak kehadiran kecerdasan buatan, khususnya yang menyerupai manusia.

Penolakan kecerdasan buatan tak hanya datang dari Wozniak. Seperti Musk dan Hawking pun menjadi orang di garda terdepan, mengenai ancaman robot tersebut terhadap kelangsungan hidup manusia.

Misalnya, Musk yang mengungkapkan pernyataan terkait robot pada awal bulan ini. Bos Tesla ini mengatakan manusia akan dilarang mengemudikan mobil dan kemudian digantikan oleh robot.

Bahkan, para pengusaha mengungkapkan komputer suatu hari nanti bisa menyetir kendaraan lebih baik daripada manusia. Sebab, manusia dianggap 'terlalu berbahaya' dibelakang kemudi.

Baca Juga :

Ledakan Bintang Mampu Ciptakan 7.000 Bumi Baru

Ilmuwan Temukan Usia Puncak Kepintaran Manusia

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP