Ini Aplikasi Banjir Jakarta dari Jepang

Aplikasi untuk banjir Jakarta buatan JICA
Sumber :
  • JICA
VIVA.co.id
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
- Tak hanya di Indonesia, Jepang telah lebih dulu memanfaatkan media sosial untuk mendeteksi bencana. Bahkan aplikasi bencana buatan Jepang akan diberikan untuk bisa dimanfaatkan meminimalisir kerugian bencana.

Apple Serahkan US$50 Miliar ke Pengembang Aplikasi

Japan International Cooperation Agency (JICA) memberikan aplikasi smartphone terkait pengembangan sistem informasi banjir kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi DKI. Aplikasi ini diklaim bisa mengumpulkan dan menyebarkan informasi dari dan ke masyarakat mengenai banjir di Jakarta.
Petelur.ID, Aplikasi untuk Peternak Kelas Bawah


"Saat banjir terjadi, isu yang muncul adalah kurangnya akses masyarakat terhadap informasi bencana yang cepat dan akurat. Akses mereka terbatas hanya di TV dan radio. Belum lagi institusi pemeirntah terkendala anggaran untuk pengembangan sistem jaringan pengamatan yang mutakhir. Didasari latar belakang itu, aplikasi smartphone ini dibuat," ujar Katayama Hideki, perwakilan dari JICA Indonesia, dalam keterangan resminya, Senin 23 Maret 2015.


Menurut Hideki, dengan aplikasi ini, pengguna dimungkinkan untuk menerima informasi banjir melalui pemberitahuan yang muncul di smartphone. Di dalamnya tidak hanya berisi informasi banjir tapi juga lokasi genangan, sensor ketinggian air, dan lainnya, secara real time melalui peta data.


"Dengan ini, pengguna bisa mengambil keputusan dan tindakan yang cepat juga, khususnya mencari lokasi pengungsian yang aman. Selain itu BPBD Jakarta bisa menggunakan informasi ini untuk menganalisa resiko bencana," ujarnya.


Menurut Hideki, di Jepang, media sosial telah digunakan untuk melakukan verifikasi teknik untuk deteksi terjadinya bencana longsor yang dikembangkan Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang. Aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh Fujitsu Laboratories dan akan dikembangkan lebih lanjut agar bisa memberi manfaat positif ke negara lain.


Aplikasi tersebut baru tersedia untuk para pengguna smartphone Android. Bisa diunduh di PlayStore.![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya