Hari Ini Inggris Akan Diselimuti Kegelapan

Gerhana Matahari Campuran, 3 November 2013
Sumber :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:EclipseDiamoindRing.JPG
VIVA.co.id
Rayakan GMT, Wali Kota Jambi Salat Gerhana
- Tepat tanggal 20 Maret 2015 ini, gerhana matahari total akan menghiasi langit. Fenomena alam ini akan membuat penduduk di Eropa, tepatnya di Inggris, diselimuti kegelapan.

Festival GMT di Poso Jadi Ajang Pemulihan Pariwisata

Dilansir dari laman
Ternyata, Venus dan Merkurius Tampak Saat GMT
BBC , Jumat, 20 Maret 2015, secara geometri, pencahayaan Matahari di negeri Ratu Elizabeth tersebut akan tertutupi Bulan sekitar 83 hingga 98 persen. Peristiwa itu akan terjadi pukul 09.23 waktu setempat.


Kegelapan tersebut awalnya akan melanda kawasan Atlantik Utara, sebelum beralih ke Kutub Utara dan berakhir di sana.


Di Kepulauan Shetland, gerhana matahari total akan terjadi pukul 09.43 waktu setempat. Di sana matahari akan tertutupi hampir 97 persen.


Sementara itu, periode kegelapan terpanjang selama proses gerhana ini terjadi akan berlangsung di kawasan Samudera Arktik. Gerhana akan berlangsung selama tiga menit yang dimulai pukul 09.46 waktu setempat.


Untuk Inggris, pertunjukkan alam ini akan menjadi langka karena perstiwa gerhana matahari total akan terjadi kembali sekitar tahun 2026.


Cara Aman Melihat Gerhana


Fenomena ini akan menjadi hiburan tersendiri bagi yang melihat proses gerhana matahari total itu terjadi. Tak ayal, banyak orang akan mulai mengabadikan melalui ponsel pintarnya.


Namun sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan. Para ahli mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melihat secara langsung proses gerhana. Sebab hal itu akan menyebabkan bahaya yang cukup fatal terhadap penglihatan.


Cara aman untuk menikmati gerhana matahari total ini yaitu, dengan pergi ke tempat publik yang terorganisir, yang menyediakan teleskop, kacamata khusus, dan alat lainnya. (ase)![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya