Astronom: Satu dari 3 Planet Ternyata Layak Dihuni

Planet Kapteyn b
Sumber :
  • sci-news.com
VIVA.co.id
Ilmuwan: 92% Planet di Jagat Raya akan Berubah Mirip Bumi
- Para ahli astronomi percaya jika ada miliaran bintang di galaksi. Dari miliaran tersebut, satu dari tiga planet yang ada memiliki potensi untuk dihuni manusia.

Murahnya Tiket Migrasi ke 'Saudara Tua' Bumi

Mereka mendapatkan kesimpulan ini setelah memperhitungkan kemungkinan dari banyak planet yang mengorbit di zona Goldilock, yakni sabuk di sekitar bintang yang memiliki suhu ideal untuk memiliki air di permukaan. Artinya, kehidupan alien dipercaya eksis di planet ini.
Hidup di Planet Mirip Bumi, Manusia Bisa Jadi Superman


"Menurut statistik dan indikasi yang kami miliki, sebagian besar planet yang layak huni planet yang padat. Ada kemungkinan air dan kehidupan di sana," ujar Steffen Kjaer Jacobsen, astronom dari University of Copenhagen, seperti dikutip
Daily Mail
, Jumat 20 Maret 2015.


Temuan ini berdasarkan perhitungan data dari teleskop NASA, Kepler. Perangkat pemantau itu memprediksi ada sekitar 1.000 planet yang mengorbit bintang di galaksi. Bahkan Kepler mengidentifikasi adanya 3.000 kandidat dunia alternatif selain bumi.


Menurut Jacobsen, banyak dari bintang itu memiliki sistem tata surya dari dua sampai enam planet. Bahkan ilmuwan yakin jika jumlah ini lebih besar lagi dan belum ditemukan Kepler.


"Kami memutuskan untuk menggunakan metode hukum Titus-Bode untuk mengkalkulasi potensi posisi planet dalam 151 sistem planet. Satelit Kepler mengaku telah menemukan sekitar tiga sampai enam planet. Hukum Titus-Bode sangat cocok dengan posisi planet dalam 124 sistem planet yang ada di alam semesta," kata Jacobsen.




Hukum Titus-Bode diformulasikan pada 1770 dan mengkalkulasi dengan tepat posisi Uranus sebelum planet itu ditemukan. Hukum itu menyatakan jika ada beberapa rasio antara periode orbital planet dalam sebuah tata surya. Rasio antara periode orbital dari planet pertama dan kedua memiliki rasio yang sama antara planet kedua dan ketiga, begitu seterusnya.


Ini artinya, kita dapat mengetahui seberapa lama sebuah planet membutuhkan waktu untuk mengorbit bintang. Ini juga bisa mengkalkulasikan berapa lama sebuah planet lain membutuhkan waktu untuk mengorbit. Serta bisa mengkalkulasi posisi dan sistem planet. Dengan hukum TB ini, ilmuwan juga bisa mengkalkulasi planet yang hilang sewaktu-waktu.


Dengan cara ini, Jacobsen menuturkan, para ilmuwan memprediksi ada total 228 planet dalam 151 sistem dan setiap sistem memiliki rata-rata satu sampai tiga planet di zona layak huni.


Inilah yang membuat astronom yakin jika ada miliaran bintang di galaksi yang memiliki planet dengan zona layak huni, dengan air di permukaan dan tanda-tanda kehidupan. Para ilmuwan, yang menulis temuan ini dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, telah mendaftarkan setidaknya 77 planet tersembunyi.![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya