Ilmuwan Lacak Keberadaan Alien dengan Warna

Ilmuwan buat daftar warna berdasarkan mikroorganisme
Sumber :
  • Telegraph
VIVA.co.id
VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?
- Sebuah daftar warna telah dibuat oleh para ilmuwan, yang terdiri dari astronom dan ahli biologi. Warna-warna ini dipercaya bisa membantu mereka menemukan kehidupan alien atau asing.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Warna-warna itu mewakili sekitar 137 tanda-tanda kimiawi dari jenis mikroorganisme yang berbeda. Beberapa dari mereka merasa dari lingkungan yang paling ekstrem di bumi.
Bahaya Olimpiade Rio dari Sisi Ilmuwan


Jika ada banyak bentuk kehidupan di planet luar tata surya, hal itu bisa diidentifikasi dari panjang gelombang cahaya yang direfleksikan. Dengan cara yang sama, penelitian di bumi akan bisa menunjukkan mikroorganisme yang belum pernah teridentifikasi.


Tim ilmuwan, yang dipimpin oleh Siddharth Hegde dari Max Planck Institute untuk Astronomi di Heidelberg, Jerman, menulis temuan daftar warna alien ini pada jurnal
Proceedings of the National Academy of Sciences
.


Katalog warna buatan mereka menyediakan cakupan yang luas dari tanda-tanda kehidupan di berbagai permukaan exoplanet. Hal ini bisa menjadi penunjuk kondisi kehidupan asing di bumi untuk dibandingkan dengan kehidupan di planet luar yang layak huni.


"Banyak sejarah kehidupan di bumi telah didominasi oleh kehidupan mikrobial. Sepertinya kehidupan di exoplanet juga berevolusi melalui tahapan sel tunggal, untuk berubah menjadi mahluk multisel," ujar Hegde, seperti dikutip dari
Telegraph
, Selasa 17 Maret 2015.


Di sini, lanjut Hegde, mereka menyediakan database awal sebagai dasar pengetahuan adanya mikroorganisme asing dalam bumi. Ini bisa digunakan untuk penelitian luar angkasa masa depan berbasis teleskop, yang bisa mencari beragam jenis kehidupan di exoplanet.


Diketahui, ada sekitar 2.000 planet yang ditemukan mengorbit di beberapa bintang di kejauhan. Beberapa dari planet itu dianggap bisa dihuni karena memiliki temperatur yang cukup untuk mempertahankan permukaan air, mirip dengan kehidupan di bumi.


Kehadiran organisme asing yang ada dipermukaan planet, bisa dikonfirmasi melalui pigmentasi. Dalam studi terbaru ini, peneliti menemukan 137 spesies mikroorganisme yang berbeda yang bisa menghasilkan warna yang variatif. Mikroorganisme itu beragam, ada yang berasal dari gurun Atacama sampai air laut Hawaii.


Warna-warna itu, termasuk di antaranya adalah merah, kuning, merah muda, hijau dan coklat. Peneliti berencana mengumpulkan lebih banyak sampel dan menambahkan warna lain ke dalam katalog itu. (umi)![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya