Ini Domain .com Tertua Yang Pertama Didaftarkan

Ilustrasi alamat domain Internet.
Sumber :
  • telecomcanadaen.wordpress.com
VIVA.co.id
Pendaftaran Nama Domain Juga Terintegrasi Dukcapil
- Domain berakhiran .com sejatinya muncul 30 tahun lalu. URL pertama yang didaftarkan adalah Symbolics.com, sebuah perusahaan komputer dari Massachusetts.

Domain .go.id Mudah Dijebol Peretas, Ini Kata Pandi

Domain tersebut didaftarkan pada 15 Maret 1985, atau tepat 30 tahun lalu. Jika bukan karena Symbolics, tidak mungkin ada domain lain macam Facebook.com, Youtube.com atau lainnya. Sampai saat ini Symbolics.com masih terdaftar dan aktif. Ini diklaim sebagai domain tertua yang ada di dunia maya.
Google Beli Domain abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com


Dilansir melalui keterangan resmi Verisign, perusahaan penjual nama domain, dalam 30 tahun terakhir, internet telah berevolusi dari fenomena yang tak dikenal di kalangan akademis dan peneliti, menjadi sarana komunikasi global, perdagangan dan berbagi informasi.


"Banyak orang yang saat ini tidak bisa hidup tanpa internet. Meskipun ada domain seperti .gov atau .net dan lainnya, .com terbukti telah mendominasi internet. Setidaknya ada satu domain .com yang didaftarkan setiap detiknya," tulis Presiden dan CEO Verisign, Jim Bidzos.


Menurut Bidzos, .com lebih dari sebuah alamat. .Com dikenal secara global untuk memperkenalkan brand ke dunia global, termasuk seluruh perusahaan yang ada dalam Fortune 500 memiliki domain .com.


Dikatakan Bidzos, meskipun World Wide Web (WWW) baru muncul pada 1991, namun diketahui ada sekitar 100 domain .com yang didaftarkan sampai 1987. Beberapa domain itu dimiliki oleh produsen teknologi besar seperti Xerox.com, IDM.com, Intel.com, Adobe.com, HP.com, sampai Apple.com.


"Lima tahun lalu, hanya ada 91 juta domain .com yang didaftarkan. Sekarang angka itu naik menjadi 115 juta, hanya untuk .com," papar Bidzos.![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya