Ini Calon Titik Pendaratan Misi Eksplorasi Mars

Titik lokasi pendaratan misi robot penjelajah Mars
Sumber :
  • www.space.com/NASA-JPL Caltech
VIVA.co.id
Tiga Skenario NASA Boyong Manusia ke Mars
- Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) telah mengkaji calon titik pendaratan untuk misi eksplorasi Planet Mars pada 2016.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Titik pendaratan yang dimaksud berlokasi di bagian utara atas garis khatulistiwa Planet Merah itu. Titik pendaratan yang dimaksud terletak pada koordinat sekitar 4 derajat lintang utara dan 136 derajat bujur timur.

Dikutip Space.com, Kamis 12 Maret 2015, pada tahun depan NASA akan mendaratkan robot penjelajahnya, InSight. Kendaraan ini dijadwalkan akan diluncurkan pada Maret tahun depan, dan mendiami Mars hingga akhir September tahun itu juga.

"Ini adalah daerah yang menakjubkan, lokasi yang kita inginkan pendaratan berlangsung halus, datar dan sedikit mengalami gangguan dalam resolusi tertinggi," ujar Pemimpin studi, Matt Golombek, dari Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

Disebutkan situs pendaratan itu belum menjadi titik final. Situs tersebut merupakan bagian dari empat opsi pendaratan.

Semua area itu terletak di area yang dinamakan Elysium Planitia. Setiap situs tersebut, yang berbentuk elips berukuran panjang 130 kilometer dan panjang 27 kilometer.

"Situs tunggal akan terus dianalisa dalam beberapa bulan mendatang untuk seleksi final tahun ini," ujarnya.

Pendarat InSight dibangun pada fasilitas Lockheed. InSight merupakan akronim dari Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport.

Begitu robot pendarat datang, maka akan digunakan untuk mendalami kerak bumi, mantel dan inti bumi. Diharapkan data yang dikumpulkan robot penjelajah senilai US$425 juta itu membantu bisa mengungkap ukuran inti Mars. (one)

![vivamore="
Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya