Tata Ulang 1800 MHz Molor, Menkominfo Siap Tegas

Menkominfo Rudiantara 16
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Dikabarkan, penataan ulang (refarming) di spektrum 1.800 MHz  jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) mendapatkan permasalahan. Pemerintah sebagai regulator pun diisukan menggelar rapat untuk membahasnya bersama para operator telekomunikasi.

Saat ditanya perihal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengatakan, dia tidak tahu pembahasan masalah tata kelola yang saat ini sedang berjalan.

"Oh, saya malah nggak tahu. Itu sudah masalah teknis. Saya serahkan kepada Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) bersama operator," ungkap Rudiantara di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat, 6 Maret 2015.

Demi 4G LTE, XL dan Indosat Ooredoo Saling Berbagi

"Tetapi, itu tidak akan mengganggu progres untuk refarming-nya. Itu masalah teknis direct atau indirect, clustering mau di mana dulu," ujarnya.

Rudiantara menegaskan, jaringan internet cepat di 1.800 MHz tetap harus digelar oleh para operator telekomunikasi. Ia menargetkan, pertengahan tahun ini, tepatnya kuartal ketiga, layanan 4G LTE tahan kedua itu bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

"Mulai dari mana, itu terserah mereka. Mau dari Papua dulu, yang kosong, boleh. Mau dari Jawa, boleh," ungkap mantan petinggi berbagai operator ini.

Disinggung apakah ia akan memberikan ultimatum kepada operator yang masih membandel, dengan melama-lamakan tata kelola di 1.800 MHz tersebut. Rudiantara hanya mengatakan, kalau itu akan ada saatnya.

"Temen-temen pasti tahu lah, lu (operator) lama-lama, menteri tidak akan tanda tangan loh"," ujar dia.

![vivamore="
Resmi, Telkomsel Selimuti Dua Kota Ini dengan 4G LTE
Baca Juga :"]
Hasrat Telkomsel Incar Dua Blok Kosong di 2,1 GHz

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya