Inikah Bentuk Kehidupan Terkecil di Bumi?

Bentuk kehidupan terkecil
Sumber :
  • www.phys.org
VIVA.co.id
Ilmuwan Percaya Komet Pencipta Kehidupan di Bumi
- Peneliti telah berhasil mengambil gambar tingkat mikroskop bakteri yang sangat kecil. Ukuran sel bakteri mencapai 0,009 mikron kubik. Untuk diketahui satu mikron kubik setara dengan seperjuta meter.

Harapan Prabowo Jelang Penetapan Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2024 di KPU

Sebagai gambaran peneliti menyebutkan dibutuhkan lebih dari 150 ribu ukuran bakteri itu untuk seukuran dengan ujung rambut manusia. Atau butuh 150 bakteri kecil itu untuk sama dengan sel Escherichia coli.

Seperti dilansir Phys.org, Kamis, 5 Maret 2015, peneliti Departemen Energi Lawrence Berkeley National Laboratory and Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat mengatakan bakteri berasal dari tiga filum mikroba yang kurang dipahami hingga saat ini.

"Bakteri ultra kecil ini digambarkan sebagai contoh bagian dari kehidupan mikroba di bumi yang hampir tidak diketahui," ujar Jill Banfield, ilmuwan senior Ilmu Bumi Laboratorium Berkeley.

Banfield mengatakan bakteri ini misterius, banyak terdeteksi di lingkungan. Peneliti menduga bakteri ini berperan penting dalam ekosistem dan komunitas mikroba. Sayangnya, peneliti mengaku belum sepenuhnya memahami peran apa yang dilakukan bakteri sangat kecil itu.

"Tak ada konsensus seberapa kecil organisme bisa bebas hidup dan strategi apa yang yang dilakukan sebuah sel pada bentuk kehidupan ukuran kecil sekali," ujar dia.

Disebutkan guna mengambil sampel bakteri yang sangat kecil itu, peneliti menyaring air tanah di Rifle, Colorado, AS, dengan menggunakan filter secara berturut-turut. Filter disebutkan hingga berukuran 0,2 mikron. Ukuran itu biasa digunakan untuk mensterilkan air.

Agar sampel bisa bertahan hidup hingga ke laboratorium, peneliti harus membekukannya secara cepat dalam suhu -272 derajat celsius.

Temuan ini telah dipublikasikan di Jurnal Nature Communications terbitan akhir Februari 2015.

![vivamore="
PLN Sebut Tak Semua Tiang Listrik Bisa Dijadikan SPKLU Kendaraan Listrik, Ini Alasannya
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya