Ikea Mungkinkan Isi Daya Smartphone di Meja Tanpa Kabel

Ikea membenamkan alat cas ponsel di funiturnya
Sumber :
  • BBC
VIVA.co.id
Begini Rupa Api Jenis Baru
- Raksasa furnitur Ikea juga ikut meramaikan perhelatan Mobile World Congress. Kali ini mereka mengandalkan teknologi pengisi daya nirkabel untuk smartphone.

Upaya Kloning Mammoth Sudah Masuk ke Tahap Awal

Dilansir
Ilmuwan: Virus Zombie Itu Nyata
BBC , Selasa 3 Maret 2015, pengisi daya nirkabel ini disematkan ke dalam beragam perlengkapan rumah buatan Ikea, mulai dari lampu, meja kasur dan meja kopi. Artinya, semua furnitur masa depan Ikea dilengkapi dengan pengisi daya nirkabel. Dengan mendekatkan smartphone ke permukaan furnitur maka daya akan langsung terisi.


Ikea mengklaim menggunakan pengisi daya nirkabel standar QI yang juga digunakan Samsung dalam handset terbarunya, S6. Menurut data Wireless Power Consortium, organisasi pendukung standardisasi QI, setidaknya ada 80 handset yang kompatibel dengan standar pengisi daya QI, berikut 15 merek mobil yang mengadopsinya. Mereka termasuk Belkin, Motorola, Panasonic, dan Sony.


Sayangnya, QI bukan satu-satunya standar pengisi daya yang dikembangkan saat ini. Samsung Galaxy S6 juga mendukung pengisi daya standard Power Matters Alliance (PMA), pesain QI, yang disokong juga oleh Starbucks, Duracell Powermat, Huawei dan Lenovo.


Pada perhelatan Consumer Electronics Show (CES) Januari lalu, sebuah perusahaan bernama Energous mendemonstrasikan WattUp, sebuah sistem non-induktif yang mengklaim bisa mengisi daya gadget tanpa kabel asal memiliki radius 9 meter dekat dengan charger.


Pembuatan perangkat gadget daur ulang memang sangat digalakkan belakangan ini. Para pemerhati lingkungan, yang tergabung dalam Friends of Earth mendukung adanya pengisi daya nirkabel ini. Bahkan mereka mendukung Ikea yang mau menyematkan teknologi wireless charging pada furnitur buatannya.![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya