Fujitsu Mungkinkan Buka Ponsel Pakai Tatapan Mata

Dari sisi medis, bolehkah kita meniup mata kelilipan?
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Teknologi Membuat Anak Rentan Terpapar Kekerasan Virtual
- Perusahaan Jepang, Fujitsu, mengembangkan sistem otentikasi yang bisa membuka kunci layar ponsel hanya dengan tatapan mata. Pada purwarupa yang dipamerkan di Mobile World Congress, Barcelona, sistem itu bisa membuat penggunanya
login
Teknologi Berkembang Pesat, Perawat Perlu Berbenah
ke Facebook, e-mail
Bentuknya Mungil, Drone Ini Seharga Rp550 Juta
atau layanan web
lainnya.


"Metode otentikasi baru buatan Fujitsu menggunakan sistem pendeteksi selaput mata. Teknik ini sangat sulit dipalsukan dan nyaman digunakan. Kunci layar bisa dibuka dengan mudah, hanya dengan menatapnya. Ini sangat mudah, bahkan saking mudahnya, layar bisa dibuka saat tangan sedang tidak bisa digunakan," ujar pihak Fujitsu, seperti dikutip dari
Mail Online
, Selasa, 3 Maret 2015.


Dalam metode ini, Fujitsu, telah lebih dulu mengembangkan teknologi sensor infrared LED dan kamera. Teknologi ini dikombinasikan dengan pengendali kamera dan otentikasi biometrik. Semua gabungan teknologi ini bisa mengidentifikasi dan memindai pola pada selaput mata seseorang.


Pola selaput mata manusia tidak pernah berubah secara signifikan, sejak manusia berusia dua tahun. Hal ini membuatnya sangat efektif dan sulit untuk dipalsukan. Gerakan lembut dari otot selaput mata, membuatnya bisa terbuka lebih lebar atau sipit.


Untuk purwarupa ini, Fujitsu telah membangun pemindai mini yang cocok disematkan di ponsel pintar. Teknologi di dalamnya mampu mengenali pola dengan memancarkan cahaya LED inframerah pada sensor ke mata dan mengambil gambar pola dengan kamera inframerah. Pola ini terdaftar dan terhubung ke pengguna.


"Setiap pengguna melihat ke layar posel, sensor akan memindai mata, mencocokkannya dengan gambar mata yang tersimpan, untuk kemudian membuka kunci layar. Sistem ini sangat bisa diandalkan dalam berbagai situasi. Dalam uji cobanya, cahaya LED inframerah juga terbukti aman bagi mata," ujar pihak Fujitsu.



![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya