VIDEO: Pesawat Peluncur Roket Besutan Pendiri Microsoft

Roc
Sumber :
  • stratolaunch.com

VIVA.co.id - Sala satu pendiri Microsoft, Paul Allen, sedang merancang sebuah pesawat jumbo. Pesawat tersebut akan menjadi pertama yang akan berfungsi sebagai landasan udara untuk mengirimkan roket satelit ke luar angkasa.

Dilansir Daily Mail, Jumat, 27 Februari 2015, pesawat yang dijuluki Roc ini merupakan gagasan dari Allen, yang kemudian diciptakan di bawah startup, Stratolaunch System. Saat ini, Roc sedang dirakit di Mojave, California, Amerika Serikat.

Roc mempunyai lebar sayap membentang mencapai 117 meter dengan dukungan enam mesin kelas 747, sehingga mampu membawa satelit sebesar 6.124 kilogram ke orbit, yang melesat di angkasa dengan kecepatan antara 112 mil (180 kilometer) dan 1.243 mil (2.000 kilometer).

Nantinya, satelit tersebut akan dilepaskan ke orbit, ketika Roc sudah di atas 30 ribu kaki dari permukaan Bumi.

Dijelaskan, Roc merupakan salah satu upaya dalam menghindari biaya bahan bakar roket yang membengkak karena diluncurkan di darat. Dengan demikian peluncuran di udara menjadi jawabannya.

"Penerbangan pesawat ini merupakan mimpi yang harus dikejar," ujar Direktur Eksekutif Stratolaunch Systems, Charles Beames.

Diharapkan, Roc mampu meluncurkan satelit di angkasa pada tahun 2018. Sang penggagas, Allen, mengatakan dengan diterbangkan Roc, maka hal itu menjadikan Amerika Serikat di garis depan dalam eksplorasi luar angkasa.

Namun muncul pula indikasi dari para perusahaan-perusahaan besar, dalam mengembangkan pesawat luar angkasa untuk menjadi kargo astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Seperti, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang harus membayar kepada Boeing dan SpaceX untuk mengirim astronot ke ISS.

Kata Jay Idzes Usai Gabung Timnas Indonesia, Ungkap Pemain Ini Paling Membantu

Baca juga:

Pekerjakan Gadis Belia jadi PSK Tarif Rp500 Ribuan, Mami Si Mucikari Tangerang Diciduk
Anggota KPU RI August Mellaz

KPU Siap Lanjutkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 untuk Maluku dan Jabar

KPU RI akan melanjutkan rekapitulasi hasil pemilu 2024 di tingkat nasional. Dua provinsi yakni Jawa Barat dan Maluku yang sudah siap.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024