Begini Cara Facebook Cegah Bunuh Diri

Fitur anti bunuh diri Facebook
Sumber :
  • www.bgr.com

VIVA.co.id - Facebook mengungkapkan sebuah fitur baru yang membantu mencegah penggunanya berbuat nekad. Fitur itu digambarkan bisa mengalihkan pengguna yang berpikir ingin mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri.

Melansir BGR, Jumat 27 Februari 2015, untuk mencegah orang berbuat nekad itu, fitur khusus Facebook ini akan memberikan pengguna lebih banyak sumber yang mengampanyekan bahaya tindakan bunuh diri.

"Kami bekerjasama dengan organisasi kesehatan mental seperti Now Matters Now, National Suicide Prevention Lifeline, Save.org untuk berkonsultasi dengan orang yang telah mencoba bunuh diri," jelas Facebook dalam keterangannya.

Dalam praktiknya, Facebook meminta penggunanya agar melaporkan teman Facebook mereka yang disinyalir bakal berpikiran untuk bunuh diri.

Facebook mengaku berkomitmen dengan tools ini. Situs populer itu telah menyiagakan tim pencengah bunuh diri di seluruh dunia selama 24 jam selama tujuh hari. Tim itu siaga untuk menerima dan menindaklanjuti laporan yang masuk. Setiap laporan yang masuk akan diverifikasi sebelum nanti ditindaklanjuti.

Dalam mengelola fitur ini, Facebook mengaku melibatkan mitra klinis dan akademis.

Awalnya, fitur ini disebutkan akan dijalankan bagi pengguna Facebook di AS selama beberapa bulan ke depan. Situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg juga menjanjikan fitur ini nantinya tersedia di luar AS. (ren)

Baca juga:

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Kecelakaan beruntun akibat truk yang ugal ugalan terjadi di Gerbang Tol (GT) Halim, Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim

Polisi mengaku masih kesulitan memeriksa sopir ugal-ugalan yang menyebabkan kecelakaan beruntun di gerbang tol Halim.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024