Misteri Dua Titik Terang Aneh di Planet Kerdil Ceres

Titik terang aneh di permukaan Ceres
Sumber :
  • NASA/JPL

VIVA.co.id - Astronom kembali menangkap penampakan yang aneh di antariksa. Kali ini, astronom menemukan dua titik cahaya terang aneh di permukaan planer kerdil, Ceres.

Seperti dikutip dari laman Mashable, Kamis 26 Februari 2015, melalui pesawat antariksa Dawn milik Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), astronom menemukan dua cahaya terang pada jarak kurang dari 46 ribu Km.

Sebelumnya, dari pegamatan jarak yang lebih jauh, pesawat Daw hanya melihat satu cahaya mengkilap yang juga dipandang aneh oleh astronom.

"Ini benar-benar tak terduga dan masih menjadi misteri bagi kami," kata Andreas Nathues, pemimpin penelitian dari tim kamera Max Planck Institute for Solar System Research, Gottingen, Jerman dalam pernyataan NASA.

Peneliti menyebutkan, cahaya terang itu sangat menonjol di permukaan Ceres.

Spekulasi pun muncul. Mulai dari anggapan itu adalah alien yang menampakkan diri. Tetapi, ada anggapan titik terang itu adalah es. Sebab, sebelumnya astronom sudah mendeteksi uap air yang berasal dari permukaan planet kerdil itu. Namun, anggapan es masih sebatas kemungkinan saja.

Sementara itu, peneliti utama misi Dawn, Chris Russell meyakini pada wilayah titik terang bisa menunjukkan asal usul gunung berapi di planet itu. Namun, untuk memastikan itu perlu menunggu gambar dengan resolusi lebih tinggi.

Pesawat Dawn akan makin mendekati Ceres pada 6 Maret, guna mengamati secara lebih detail apa yang ada di permukaan planet kerdil itu. Planet kerdil Ceres terletak pada sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. (asp)

Tips Sederhana Agar Bisa Saksikan Galaksi Bima Sakti


Catat, Deretan Fenomena Astronomi Sampai Akhir 2016

Baca juga:

Begini Gambar Alam Semesta Seutuhnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya