Transformasi Jaringan 10 Kota, XL Gelontorkan Rp50 Miliar

Director/Chief Service Management Officer XL Axiata-Ongki Kurniawan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Operator XL Axiata melanjutkan transformasi jaringannya pada sejumlah kota di Indonesia. Setelah Jakarta dan Surabaya, berlanjut ke 10 kota lain.

XL Incar Satu Juta Pelanggan Pasca Bayar

Dari sepuluh kota yang menjadi target transformasi jaringan XL, beberapa kota berada di Jawa, yakni Serang, Pandeglang, Semarang, Yogyakarta, dan Sidoarjo. Selebihnya merambah ke luar Jawa, yakni Medan, Palembang, Makassar, Banjarmasin dan Mataram.

"Rata-rata 92 persen program di kota-kota itu sudah tahap final. Bahkan khusus Bogor, Surabaya, Malang sudah selesai. Tahun ini, alokasi dana untuk transformasi Jaringan di seluruh wilayah itu sekitar Rp50 miliar," ujar Direktur Managemen Service XL, Ongki Kurniawan, Rabu, 25 Februari 2015.

XL Siapkan Layanan Data WhatsApp untuk Jemaah Haji

Angka ini memang sedikit dibanding tahun lalu. Ongki menambahkan, pada 2014, alokasi dana transformasi jaringan di Jakarta dan Surabaya mencapai Rp300 miliar. Hal ini karena dana terbesar digelontorkan untuk konsultasi desain atau arsitek jaringan. Dana yang dialokasikan untuk transformasi sekarang diambil dari belanja modal.

"Tahun ini kami lebih murah karena sudah bisa desain sendiri. Dulu tahap belajar arsitektur jaringan. Sekarang semua tinggal beli perangkat karena desain dikerjakan sendiri," ujarnya menuturkan.

XL Axiata Pastikan Perampok di Madiun Bukan Pegawainya

Program transformasi jaringan merupakan upaya XL guna memenuhi kebutuhan berkomunikasi pelanggannya. Saat ini, sekitar 97 persen area di setiap lokasi telah didukung adanya BTS 3G. Ongki mengklaim, 93 persen area telah terlayani dengan sinyal kuat, di mana kecepatan akses data mencapai rata-rata 1,1 Mbps, dan tidak ada paket data yang drop.

"Kualitas jaringan yang bagus ini tidak hanya bisa dirasakan pelanggan saat berada di dalam gedung, namun juga di area terbuka, termasuk di dalam rumah, pasar, atau pun jalan umum."

Internet 5 Mbps

Ke depan, XL mengupayakan kecepatan akses internet bisa terus ditingkatkan hingga mencapai 5 Mbps. Selain mampu meningkatkan kecepatan akses internet, proyek ini juga mampu peningkatan kualitas layanan voice dan kecepatan pengiriman SMS.

XL bekerja sama dengan dua perusahaan yang memiliki keahlian di bidang jaringan telekomunikasi seluler, yaitu PT Ericsson Indonesia dan PT Huawei Tech Investment.

Setelah tahap ini, XL terus melanjutkan transformasi jaringan ke fase II dan IIIĀ  untuk Jakarta, berlanjut ke Bandung dan Denpasar. Diperkirakan, untuk Jakarta, akan selesai Juni nanti. Sedangkan Bandung dan Denpasar diperkirakan selesai pada April dan Mei.

Program Transformasi Jaringan merupakan program yang dilakukan sebagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas jaringan XL yang diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam menggunakan layanan/produk XL. Peningkatan kualitas jaringan dilakukan melalui modernisasi, desain menyeluruh, implementasi yang tepat waktu, akselarasi alih teknologi 2G menuju 3G dan optimasi.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya