Malware Dituding Menyusup ke Perangkat Merek Ternama

Ilustrasi malware.
Sumber :
  • uk.reuters.com
VIVA.co.id -
Google: Pengguna Android Aman dari Quadrooter
Perangkat komputer terbaru besutan Lenovo diklaim telah disusupi sebuah perangkat lunak malware berbahaya. Perangkat lunak jahat ini memungkinkan peretas dapat memata-matai para pengguna komputer Lenovo tersebut.

Android Anda Terkena Virus? Lakukan Langkah Ini

Malware tersebut adalah adware yang dikenal dengan Superfish. Diketahui, adware ini adalah iklan produk, atau penawaran layanan yang merupakan bagian dari sebuah situs, atau aplikasi.
Awas, Malware Perbankan Canggih Masuk ke RI


Dilansir
The Independent
, Jumat 20 Februari 2015, adware ini bekerja mirip iklan yang terlihat di situs seperti Google, namun sumber adware tersebut belum diidentifikasi.


Facebook engineer, Mike Shaver menanggapi bahwa Superfish pada perangkat komputer Lenovo ini memungkinkan peretas dapat memantau aktivas pengguna saat melakukan browsing di dunia maya.


Berbagai software antivirus menyatakan bahwa Superfish ini dianggapnya sebagai virus. Mereka merekomendasikan kepada pelanggannya untuk segera melakukan uninstall.


Independent
menulis, Superfish ini sudah berada dalam komputer Lenovo sejak pertengahan 2014. Media asal Inggris itu mengungkapkan, untuk meredam aksi peretas melalui adware ini, para pengguna Lenovo diminta segera menghapus Windows yang digunakan dan melakukan instal ulang.


"Tetapi, perangkat lunak ini bekerja diam-diam, sebagian besar akan menyadari sedang berjalan, dan meng-instal Windows adalah proses yang rumit. Bahkan, mungkin konsumen tidak menyadarinya," tulis Independent.


Terkait itu, juru bicara Lenovo yang tidak disebutkan namanya, mengaku kalau vendor asal Tiongkok ini telah membenamkan perangkat lunak jahat. Namun, narasumber itu mengatakan untuk sementara superfish telah dihapus dari produk-produk Lenovo.


"Lenovo sudah menghapus Superfish yang terdapat pada perangkat Lenovo pada bulan Januari 2015," ujar dia. (asp)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya