5 Tahun ke Depan, Indosat Ingin Kuasai Layanan ICT

Antena JAH-5A di Areal Satelit Bumi Indosat Jatiluhur
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - PT Indosat Tbk tampaknya sangat serius dalam merambah bisnis data center untuk segmen korporat. Bahkan, dalam beberapa tahun ke depan mereka ingin menjadi perusahaan berbasis layanan IT.

"Mudah-mudahan ke depan Indosat Group tidak hanya bermain di konektivitas, tapi ke depan Indosat itu akan menjadi perusahaan yang berbasis ICT Service," ungkap Ginandjar, Direktur DataCom dan Lintasarta, di Jatiluhur, Rabu 18 Februari 2015.

Ginandjar mengemukakan, saat ini di sektor tersebut, Indosat mempunyai saingan terberatnya yaitu Telkom Sigma. Namun, dalam waktu beberapa tahun ke depan, ia meyakini dapat merajai layanan untuk segmen korporat.

"Tiga sampai lima tahun ke depan kami menargetkan sudah menjadi pemain yang signifikan di ICT Services," tuturnya.

Hal ini terlihat dari akan rampungnya fasilitas baru Data Center-Disaster Recovery Center (DC-DRC) atau Pusat Pemulihan Bencana di Jatiluhur, Purwakarta. DRC yang sedang dibangun tersebut merupakan yang ketiga, di mana dua sebelumnya sudah berdiri tegak di tempat yang sama.

Diketahui, DRC ini akan menunjang para pelanggan Indosat dalam mem-back-up sistem Teknologi Informasi (IT) utama yang dipergunakan dan menempatkan infrastruktur beserta datanya dalam lokasi terpisah, sehingga dapat melanjutkan bisnisnya saat perusahaan tersebut, IT-nya terjadi bencana.

Menurut Ginanjar, fasilitas baru yang dikerjakan oleh Lintasarta, selaku anak perusahaan Indosat, ini untuk memenuhi kebutuhan ICT di Indonesia.

"Kehadiran DRC baru ini sudah dimulai sejak peletakan batu pertama tahun lalu. Sekarang, diharapkan kuartal kedua tahun ini, DRC ketiga ini dapat mulai kami tawarkan kepada pelanggan," ujarnya.

Ginandjar menjelaskan, keberadaan data center ini sangat diperlukan, karena di masa mendatang setiap perangkat akan terkoneksi dengan internet. Untuk itu, perusahaan akan membutuhkan layanan penyimpanan data dari bisnisnya seperti public atau private cloud.

Pembangunan fasilitas DC/DRC ini diharapakan dapat rampung pada April tahun ini. Bila sudah selesai dibangun, fasilitas yang dihadirkan oleh Indosat ini menjadi bagian dari 25 dalam fasilitas DC/DRC di Acacia Global Data Center di tujuh negara Asia Tenggara. (art)

Cara Indosat Ooredoo 'Paksa' Anak SD Buat Aplikasi HP

BACA JUGA:

Indosat Ooredoo Sasar 5 Juta Pengguna 4G Plus per Bulan

 Kantor Indosat Ooredoo

Indosat Rugi Rp1,3 Triliun

Trafik data tumbuh 130 persen.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2016