Mudahnya Memusnahkan Peradaban Manusia

Lautan manusia di Tembok Besar China.
Sumber :
  • Weibo

VIVA.co.id - Para peneliti di Oxford University memprediksi ada banyak cara yang bisa memusnahkan peradaban manusia. Setidaknya, menurut penelitian yang telah mereka lakukan, ada 10 hal yang mengancam kehidupan manusia di bumi.

"Riset ini bisa dijadikan patokan untuk memahami seberapa besar kekuatan dan tantangan yang akan dihadapi, sehingga dunia bisa menciptakan antisipasi dalam menghadapi risiko yang akan terjadi. Pada dasarnya, ini merupakan panggilan untuk manusia beraksi. Mereka bisa mengubah tantangan ini menjadi sebuah kesempatan," tulis ilmuwan dari Global Challenges Foundation dan Future of Humanity Institute.

Berikut 10 hal yang diprediksi bisa mengancam manusia di bumi, dikutip dari The Independent, Senin 16 Februari 2015.

1. Perubahan iklim ekstrim

Ritual Pertarungan Kejam Peradaban Moche di Peru

Ini merupakan faktor terkuat dalam memunculkan kiamat lingkungan. Dampaknya akan sangat terasa di negara miskin. Mengakibatkan kematian karena kondisi yang tidak stabil.

2. Perang Nuklir

Meski pengembangannya stagnan, namun konflik nuklir masih terus berlanjut. Ini merupakan senjata potensial untuk mengikis habis manusia.

3. Wabah Penyakit Global

Jean-Claude Van Damme Klaim Bisa Selamatkan Dunia

Salah satu cara menghentikan wabah penyakit adalah respon cepat dari sistem medis yang ada. Namun belakangan banyak bermunculan infeksi penyakit yang tak terkendali.

4. Asteroid

Sebuah hantaman asteroid mampu menciptakan lubang di bumi sampai lebih dari 5 kilometer, atau seukuran negara Belanda. Bahkan ancaman asteroid terjadi setiap 20 juta tahun sekali.

Ilmuwan Amerika: Manusia akan Punah untuk ke-6 Kali

5. Letusan Super Gunung Merapi

Seperti halnya dampak ledakan asteroid, gunung meletus pun sama berbahayanya. Terutama awan debu yang menghalangi sinar matahari dan mengganggu pernapasan. Ilmuwan menyebut erupsi gunung sama berbahayanya dengan perang nuklir.


6. Malapetaka Ekologi

Manusia sangat bergantung pada ekosistem namun sangat kurang melakukan konservasi. Tidak heran jika spesies punah lebih cepat belakangan ini. Menurut ilmuwan, manusia harus membangun ekonomi yang berkelanjutan untuk bisa bertahan dari malapetaka ekologi.

7. Biologi Sintetik

Kekhawatiran ini bermula dari isu penciptaan senjata biologis yang mematikan. Penelitian yang terus berkembang memungkinkan manusia dimusnahkan secara perlahan dengan racun, penyakit, atau lewat udara sekalipun.

8. Nanoteknologi

Teknologi nano sangat memungkinkan adanya pembuatan senjata atom yang mematikan. Inilah yang menjadi cikal bakal perang nuklir dan penciptaan bom nuklir.

9. Kecerdasan Buatan

Robot atau kecerdasan buatan yang ekstrim dipercaya para ilmuwan tak akan bisa dikontrol. Sama seperti kekhawatiran Bill Gates, Stephen Hawking dan Elon Musk yang menganggap robot adalah ancaman. Kecerdasan mahluk asing (alien) pun bisa mengancam manusia sebelum kita bisa benar-benar menjelajah galaksi.

10. Pemerintahan dunia yang buruk

Menurut ilmuwan, pemerintah dunia menciptakan bencana dengan dua cara, gagal memecahkan masalah dan menambah masalah lebih rumit.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya