Misteri Karung Putih Neil Armstrong Terkuak, Apa Isinya?

Komponen modul pendaratan Apollo 11
Sumber :
  • Gizmodo

VIVA.co.id - Astronot pertama yang berhasil menjejakkan kaki di bulan, Neil Armstrong, ternyata sempat membawa pulang satu karung berwarna putih, saat ia menyelesaikan misinya.

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Dilansir dari laman Gizmodo, Selasa 10 Februari 2015, sang istri menemukan karung ini tersimpan di dalam lemari baju milik mendiang suaminya tersebut. Carol, istri Neil, awalnya tidak mengetahui bahwa suaminya memiliki karung tersebut.

Setelah suaminya meninggal pada 2012 silam, Carol kemudian berusaha membereskan lemari pakaian mereka. Saat bersih-bersih inilah, ia menemukan sebuah karung berwarna putih yang disembunyikan di sudut lemari.

Kejahatan dan Ide Penjara di Luar Angkasa

Temuan ini, kemudian dilaporkan ke Allan Needell, kurator Smithsonian National Air dan Space Museum. Allan kebetulan adalah seorang kurator yang memiliki spesialis barang-barang yang berasal dari Apollo 11, pesawat ulang alik yang membawa Neil ke bulan.

Setelah memeriksa dengan teliti selama beberapa tahun, Allan mengonfirmasi bahwa isi karung, yang dikenal di kalangan astronot dengan nama 'The Purse', berisi beberapa komponen yang diambil dari modul pendaratan di bulan, The Eagle.

Stephen Hawking Punya Misi Antariksa Baru

Modul pendaratan ini memang sengaja ditinggalkan di tempat pendaratan di bulan, tepatnya di titik tranquility base. Rupanya, Neil sempat mencopot beberapa komponen modul dan membawanya pulang ke bumi.

Beberapa komponen yang dibawa Neil antara lain: kabel data kamera, lampu penerang, Crewman Optical Alignment Sight, dan kamera pemandu pendaratan (Data Acquisition Camera atau DAC).

Selain merekam proses pendaratan, kamera ini juga digunakan untuk mengambil gambar saat Neil dan Edwin 'Buzz' Aldrin mengambil contoh tanah dan menancapkan bendera di bulan.

Seluruh temuan ini, kini dipinjamkan oleh keluarga Armstrong kepada museum untuk diteliti dan dipajang ke publik. (asp)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya