FOTO: 5 Gambar Indah Alam Semesta Terbaru Bidikan NASA

Supernova 'bintang tamu'
Sumber :
  • www.businessinsider.com/NASA

VIVA.co.id - Badan Antariksa Nasional AS (NASA) merilis gambar mengagumkan dari alam semesta yang diambil dari berbagai teleskop andalannya.

Rilis gambar ini menandai International Years of Light. Dalam kesempatan itu NASA merilis sisa bintang yang meledak hingga lubang hitam.

Gambar-gambar mengagumkan itu dihasilkan dari rangkaian teleskop dan laboratorium pengamatan di antaranya Chandra X-ray Observatory yang mendeteksi sinar X, Galaxy Evolution Explorer yang mendeteksi sinar ultra violet, teleskop luar angkasa Hubble yang mendeteksi cahaya yang tampak serta teleskop luar angkasa Spitzer yang mendeteksi cahaya infra merah. NASA juga mendapat pasokan gambar dari teleskop Compact Array Australia.

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Berikut lima gambar fenomena alam semesta indah bidikan NASA melasnir Business Insider, Selasa 3 Februari 2015:

Bintang meledak

Dengan bantuan berbagai fasilitas tersebut, astronom bisa mendapatkan gambar indah sisa ledakan bintang atau kerap disebut supernova, pada jutaan tahun lalu.

NASA merilis gambar sisa supernova SNR 0519-69.0, yang letaknya lebih dari 163 ribu tahun cahaya di dekat galaksi Large Magellanic Cloud.

Pada sisa supernova ini tampak sebuah gelembung dalam alam semesta dengan warna biru dan merah yang menyatu. NASA menyabutkan itu merupakan kombinasi pengamatan dari teleskop Hubble dan observatorium sinar X dari Chandra X-rays.

Bekas supernova SNR 0519-69.0

Sisa supernova yang misterius

NASA juga menampilkan bekas supernova MSH 11-62, yang masih menyisakan banyak misteri bagi astronom

Awalnya astronom menduga bintang tersebut merupakan bintang yang sangat padat dan berotasi secara cepat, mengarah pada awan gas. Namun astronom belum mendeteksi setiap denyut dalam nebula yag terpisah.

Gambar yang ditampilkan berwarna biru dihasilkan dari Observatory Chandra X-rays, yang dikombinasikan dengan warna ungu hasil dari pengamatan teleskop Compact Array Australia yang mengukur gelombang radio.

Kejahatan dan Ide Penjara di Luar Angkasa

Bekas supernova MSH 11-62

Supernova 'Bintang tamu'

Sekitar dua milenium lalu, astronom kuno Tiongkok merekam 'bintang tamu' yang tetap tampak dalam delapan bulan. Kini astronom modern menduga, penampakan bintang tamu yang dimaksud kemungkinan adalah supernova yang dihasilkan dari kombinasi teleskop Hubble dalam warna biru dan Observatory Chandra X-rays yang menghasilkan warna ungu.

Lubang hitam

NASA juga memotret bagaimana gambar lubang hitam yang indah. Lubang hitam tersebut terletak 700 juta tahun cahaya dari bumi, tepatnya di galaksi Cygnus A.

Cygnus A diketahui merupakan galaksi aktif karena lubang hitam supermasif yang berada di pusat memancarkan radiasi dalam jumlah besar ke antariksa. pancaran itu menghasilkan warna biru, yang dihasilkan Observatory Chandra X-rays, warna merah yang dihasilkan Very Large Array serta teleskop Hubble yang berkontribusi menampilkan cahaya yang tampak.

Stephen Hawking Punya Misi Antariksa Baru

Lubang Hitam

Galaksi indah Whirlpool

NASA juga mampu mengabadikan keindahan galaksi spiral Whirlpool, galaksi yang berjarak 21 juta tahun cahaya dari bumi.

Galaksi spiral cukup menarik perhatian astronom, sebab merupakan salah satu galaksi Tata Surya kita.

Galaksi Whirlpool tampil dengan kombinas emmat warna yaitu Observatory Chandra X-rays (ungu), sinar ultraviolet yang diambil dari Galaxy Evolution Explorer (biru), cahaya tampak dari teleskop Hubble (hijau) dan infra merah dari teleskop Spitzer (merah).

Galaski Whirlpool

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya