Jepang Luncurkan Satelit Intelijen Kelima

Ilustrasi peluncuran roket yang membawa satelit mata-mata Jepang
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Pengamat: Publikasi Anggota BIN Ancam Jiwa Banyu Biru
- Badan Penjelajah Antariksa Jepang (JAXA) berhasil meluncurkan satelit mata-mata baru, pada Minggu pagi, 1 Februari 2015, dengan bantuan roket H-IIA dari Tanegashima Space Center di Kagoshima Prefeture.

Banyu Biru Jadi Anggota BIN? Ini Pernyataan Sutiyoso

Dilansir dari laman
Pengawas Intelijen Dibentuk, Apa Saja Tugasnya?
RT , satelit yang diluncurkan pada pukul 10:21 waktu setempat itu, merupakan pelengkap dari empat satelit intelijen Jepang yang telah mengorbit lebih dulu, yaitu dua satelit optik dan dua satelit radar.


Keempatnya diproduksi oleh Mitsubishi Electric, yang kemudian dibawa ke luar angkasa oleh Mitsubishi Heavy Industries. Peluncuran satelit intelijen kelima semestinya diluncurkan pada Kamis, 29 Januari 2015, namun ditunda karena masalah cuaca.


Dikutip dari
Xinhua
satelit seri The Joho Shushu Eisei (JSE), akan berfungsi sebagai Pengumpulan Informasi Satelit (IGS), dengan radar untuk kegiatan mata-mata yang dapat menembus awan, kegelapan, dan bentuk kamuflase dengan kualitas citra resolusi tinggi.


Berbagai kemampuan lainnya masih dirahasiakan oleh pemerintah Jepang, yang pernah mengklaim peluncuran satelit mata-mata dipicu kekhawatiran mereka atas ancaman serangan rudal dari Korea Utara (Korut), pada 1998.


Jepang pertama kali meluncurkan satelit intelijen pada awal 2000. Setelah satelit kelima berhasil diluncurkan hari ini, Jepang mengatakan bakal meluncurkan satelit berikutnya pada Maret 2015.



Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya