Anak Ayam Ternyata Mampu Mengurutkan Angka

Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVA.co.id - Kemampuan otak yang dimiliki memungkinkan kita melakukan berbagai hal. Kegiatan-kegiatan itu di antaranya, berpikir, menghafal, mengingat, dan berhitung atau mengurutkan sesuatu.

Tapi ternyata, kemampuan otak untuk mengurutkan sesuatu dari atas ke bawah maupun kiri ke kanan, tidak hanya dimiliki manusia.

Seperti dilansir Times of India, seekor anak ayam baru lahir dapat mengurutkan angka dari kiri ke kanan, persis seperti yang dilakukan oleh manusia. Menurut para peneliti dari Universitas Padova, kemampuan ini adalah sifat asli yang dimiliki anak ayam.

Penelitian dilakukan dengan meletakkan anak ayam di antara dua panel. Satu di kanan dan satu lagi di kiri. Setiap panel kiri memiliki angka lebih kecil, sedangkan panel kanan memiliki angka yang lebih besar.

Sebanyak 20 anak ayam menunjukkan pergerakan ke arah kanan, yang merupakan jumlah angka lebih besar dari panel kiri. Penelitian yang dipimpin Professor Rugani ini menyimpulkan bahwa kemampuan mengurutkan anak ayam sama seperti sifat alami yang ada pada manusia.

Fenomena ini, menurut Rugani, berkaitan dengan terjadinya evolusi pada beberapa jenis binatang. Pasalnya, tak hanya terjadi pada anak ayam, penelitian ini juga mengamati sifat-sifat asli dan perkembangan dari beberapa hewan.

Adapun revolusi ini kemudian dapat mempengaruhi kesimetrisan otak dan dapat membuat binatang mampu mengakses informasi melalui hemisphere dominan dalam otaknya.

Hngga saat ini, penelitian terhadap sifat-sifat dari binatang, khususnya yang berkaitan dengan aktivitas berhitung ini masih dikembangkan di Universitas Padova.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Sesuai dengan tujuan akhir dari penelitian ini, yakni untuk mengetahui bagaimana perkembangan otak binatang jika dikaitkan dengan proses penghitungan dan pengurutan angka.

Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016