Dinosaurus Leher Panjang Pernah Hidup di Tiongkok

Dinosaurus leher panjang
Sumber :
  • LATimes
VIVA.co.id
Mumi Mirip Dinosaurus Ditemukan di Siberia
- Tim paleontolog di Tiongkok mengklaim telah menemukan spesies dinosaurus baru. Dinosaurus ini memiliki panjang 50 kaki, dari tengah badan bawah sampai leher.

Mengunjungi Situs Peninggalan Dinosaurus di Colorado

Menurut analisa ilmuwan, dari kaki sampai pundak, panjang dinosaurus itu mencapai 6 sampai 9 kaki. Dinosaurus dengan leher panjang itu hidup 160 juta tahun lalu, di penghujung masa hidup dinosaurus.
Ilmuwan Kembali Temukan Fosil Ikan Mulut Raksasa


Tengkorak yang telah menjadi fosil ini ditemukan di Tiongkok bagian selatan, di sebuah lokasi bangunan dekat Kota Qijiang. Ilmuwan menamakan spesies itu sebagai Wijianglong guokr, yang diterjemahkan menjadi 'Naga dari Quijiang'.


Menurut ilmuwan, meski leher yang panjang memiliki kecenderungan yang rapuh dan rawan namun anatomi tersebut memiliki nilai yang sangat evolusioner.


"Masalahnya ada di keseimbangan. Ini merupakan cara untuk memberi makan yang efisien. Dengan leher panjang itu, anda tidak harus bergerak banyak," ujar kandidat doktor paleontolog dari University of Alberta, Tetsuto Miyashita, seperti dikutip dari
LA Times
, Jumat 30 Januari 2015.


Dalam temuan yang dipublikasi di jurnal Vertebrata Paleontologi ini dijelaskan jika dinosaurus itu telah mampu mengatasi masalah keseimbangan tersebut. Mereka membuat leher yang panjang itu terlihat seringan mungkin karena di dalam tulang leher ditemukan ruang yang berisi udara sehingga membuat leher tetap ringan.


"Burung juga memiliki sistem yang sama seperti ini. Ini benar-benar mengurangi berat dari tulang leher. Jadi, leher itu sangat ringan," kata Miyashita.


Sayangnya, peneliti tidak mendapatkan struktur tulang yang lengkap. Hanya bagian leher, kebanyakan bagian ekor, pinggang dan bagian setengah bagian lain. Mereka yakin jika fosil tulang ini milik dinosaurus remaja.


"Kemungkinan ukurannya akan lebih besar lagi seiring perkembangannya menjadi dewasa," ujarnya. (ren)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya