Uber Hadirkan Layanan Taksi Murah

Michael Brown, Uber
Sumber :
  • Vivanews/AmalNN

VIVA.co.id - Aplikasi pemesanan taksi, Uber, kembali menghadirkan layanan transportasi. Kali ini, Uber memperkenalkan layanan untuk segmen menengah yakni UberX.

Sebelumnya, penyedia layanan asal Amerika Serikat ini terkenal dengan pemesanan taksi premiumnya.

"Kami ingin membantu mengurangi kemacetan seperti di Jakarta. Kami harap layanan kami dapat membantunya," ujar Michael Brown selaku General Manager Southeast Asia Uber di Jakarta, Kamis, 29 Januari 2015.

Disampaikannya, Uber diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mobilitas warga Jakarta dalam menggunakan transportasi umum.

Sama seperti Uber versi premium, UberX ini masih bekerjasama dengan rental mobil plat hitam untuk dijadikan transportasi umum. Namun, yang membedakannya adalah selain menyasar segmen menengah, armada yang mereka sediakan hasil kerjasama dengan rental mobil yang berbeda.

Menko Luhut Kawal Proses Perizinan Uber dan Grab

Bila untuk versi premium, Uber dapat menyediakan mobil-mobil kelas atas seperti BMW ataupun Mercedes-Benz. Sementara untuk UberX menggunakan mobil jenis Xenia dan Avanza.

Selain itu, Brown menjelaskan dari segi tarif, UberX lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya.

"UberX ini lebih murah 30 persen di bawah rata-rata taksi biasa, dibandingkan Uberblack (versi premium) 35 persen," jelasnya.

Diketahui, tarif dasar UberX Rp3.000, per kilometer Rp2.000, per menitnya Rp300, dan kalau membatalkan pemesanan harus membayar Rp30.000. Untuk sistem pembayaran tersebut menggunakan kartu kredit atau debit card.

Sharing Cost

Mengenai kerjasama dengan rental mobil, Brown mengungkapkan hasil tarif per perjalanannya dibagi 80 persen untuk pemilik mobil, sementara 20 persen bagi Uber.

Selain itu, pengguna aplikasi Uber itu bisa memanfaatkan taksi dengan cara sharing cost dengan pengguna dalam satu mobil untuk rute yang sama, sehingga dapat membantu mengurangi kemacetan.

Meski tak menyebutkan potensi pasar di Indonesia mengenai sektor tersebut, sehingga Uber mempeluas layanannya, Brown mengungkapkan Indonesia merupakan pasar penting.

"Indonesia merupakan pasar penting bagi kami di Asia," ungkap dia.

Untuk saat ini layanan UberX baru bisa dirasakan oleh warga Jakarta, belum untuk kota-kota lainnya. Aplikasi bisa diunduh melalui platform PlayStore dan iOS. (one)

PPAD Yakin Ada yang Adu Domba Sopir Taksi dan Gojek

Baca juga:

PPAD Tuding Pemerintah Bocor Alus dan Masuk Angin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya