Ini Tujuh Kota Paling Pintar di Dunia

Rio de Janiero
Sumber :
  • www.independent.co.uk

VIVA.co.id - Kota pintar kini telah menjadi salah satu misi pembangunan kota di berbagai negara dunia. Beberapa kota di negara dunia berusaha mewujudkan kota pintarnya masing-masing untuk menunjukkan bagaimana kota yang aman dan nyaman bagi penduduknya.

Pekan ini, Intelligent Community Forum (ICF), lembaga think tank yang fokus mempelajari pengembangan sosial dan ekonomi, merilis daftar kota paling pintar di dunia.

Untuk menyandang sebagai kota pintar, ICF menilai  sejauh mana sebuah kota memanfaatkan peralatan dan teknologi digital serta tetap konsisten menjaga identitas kultural.

"Seperti yang kita lihat tiap tahun, kota, wilayah terus bekerja dengan alat dan konsep transformasi mereka dari 'smart' ke 'intelijen'," kata Louis Zacharilla, co-fpunder ICF dikutip Independent, kamis 29 Januari 2015.

ICF juga mengukur prestasi kota dalam hal peningkatan layanan kesehatan, pertumbuhan telekomunikasi, dan penemuan cara baru fokus pada keberlanjutan.

Berikut daftar tujuh kota paling pintar di dunia:

1. Arlington, Virginia, AS


Untuk ketiga kalinya, negara bagian ini masuk dalam tujuh besar kota pintar versi ICF. Kota ini telah menggunakan perencanaan pintar untuk mengambil keuntungan bagi kota.

Arlington dilaporkan tetap melanjutkan pertumbuhan kota dengan Telecom Master Plan, sebuah inisiasi yang mendasari setiap keputusan penggunaan teknologi dalam kolaborasi pemerintahan, bisnis, sektor non profit.

Telecom Master Plan dikerjakan bersama Virginia Tech and The Airlington Way. Inisiasi itu bertujuan mendorong inovasi di kota yang berdekatan dengan Washington DC itu.

2. Colombus, Ohio, AS

Tahun ini kota Colombus masuk untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Colombus mengatasi tantangan besar kota misalnya pendapatan rendah warga kota sampai karyawan pabrik yang berkeahlian rendah.

Caranya pemerintah kota menyelenggarakan program peningkatan kerjasama dengan pendidikan, bisnis dan institusi.  Pertumbuhan karyawan pada telah meningkat 35 persen sejak dekade terakhir.

Tak heran jika pada kota ini merupakan konsentrasi perusahaan besar di dunia. Tercatat perusahaan yang masuk pada Fortune 1000 di AS bermarkas di kota ini

3. Mitchell, South Dakota, AS

Kota ini awalnya ditopang oleh pertanian. Kemudian pada pada lebih dari tiga dekade lalu, melalui melalui program Vission 2000, pemerintah menyerukan perluasan masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan rekreasi.

Perkembangan telekomunikasi kota ini menciptakan dampak ekonomi termasuk dalam bidang pertanian. Maka muncullah rekayasa, konsultasi dan perangkat lunak perusahaan yang menopang pertanian.

4. Ipswich, Queensland, Australia

Pertama kali muncul dalam daftar. ICF memberi kredit kota ini karena menggelar dua program Digital Hub dan Digital Enterprise. Program tersebut menyediakan alat bagi awarga dan bisnis dengan keterampilan digital.

Kedua program ini dianggap membuat kota menjadi salah satu kota pusat bisnis paling berkelanjutan di Australia.

5. New Taipei City, Taiwan

Kota ini dianggap berhasil dalam menarik investasi jalan tol, proyek kereta dan. Kota yang baru berdiri pada 2010 lalu itu telah berubah menjadi kota berbentuk donat, karena proyek infrastruktur itu.

Kota ini juga menjalankan kolaborasi universitas-industri yang menarik untuk menyediakan kesempatan kerja.

6. Rio de Janeiro, Brasil

Tahun lalu sukses menjadi tuan rumah gelaran akbar Piala Dunia 2014 dan bakal menjamu Olimpiade Musim Panas 2016, mendorong kota ini terus berbenah.

Pemerintah mendesain kota berbasis aktivitas masa depan terpusat. Bentuknya membangun sistem transportasi yang lebih baik.

Program TIK yaitu The Knowledge Squares dan The Rio Datamine mendorong menjadi kota yang mengagumkan.

7. Surrey, British Columbia, Kanada

Pertama kali masuk dalam daftar. Kota ini mengembangkan strategi diversifikasi kemitraan lembaga pendidikan tinggi dan bisnis lokal.

Pembangunan kota difokuskan pada proyek Innovation Boulevard. Dalam program ini kota, universitas, dan bisnis membangun kluster dalam teknologi kesehatan, teknologi hijau dan manufaktur canggih.

Penggagas Smart City: Butuh Rambu untuk Implementasi Cepat


Baca juga:

Demi Smart City, Pejabat Daerah Perlu Diedukasi

Pantau Surabaya, Walikota Risma Andalkan iPad

Konsep kota pintar

Ini yang Dibutuhkan untuk Kembangkan Kota Pintar

Akan dikembangkan juga SSP untuk pariwisata.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2016