Ini 10 Besar Tren Teknologi di Indonesia pada 2015 (I)

Ilustrasi
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id -   PT. International Data Corporation (IDC) Indonesia mengemukakan prediksi Top 10 teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang akan menjadi tren utama di Indonesia sepanjang 2015. Kali ini prediksi yang diangkat oleh IDC bertema "Menghubungkan Kualitas Hidup dan Daya Saing melalui Teknologi."

Lutfi Avianto Husein, Senior Market Analyst PT. IDC Indonesia mengatakan tingginya konsumsi IT di Indonesia dipengaruhi gaya hidup konsumen yang terus memanfaatkan perangkat IT guna meningkatkan kualitas hidup.

"Melihat hal ini, pelaku industri pun berlomba-lomba untuk mempertahankan, sekaligus memperbesar pangsa pasar mereka di tengah-tengah persaingan bisnis yang makin ketat," ujar Lutfi di Jakarta, Rabu, 28 Januari 2015.

Berdasarkan hasil riset IDC Indonesia serta hasil tukar pendapat antara para analis di IDC Indonesia, maka berikut Top 10 Prediksi TIK 2015, menurut IDC Indonesia:

1. Ponsel pintar dorong e-Commerce

Bukti Menggiurkannya Bisnis Aplikasi Mobile di Indonesia

IDC melihat impor ponsel pintar ke Indonesia akan meningkat sebesar 20 persen atau sekitar 29 juta unit pada tahun 2015. Dengan meningkatnya jumlah smartphone, maka akan berdampak pada pertumbuha e-Commerce. Berdasarkan riset PricePanda, sebuah situs perbandingan harga terkemuka untuk negara-negara berkembang, mengungkapkan sebanyak 56 persen pengunjung situsnya di Indonesia berbelanja menggunakan ponsel pintar pada 2014.

2. Solusi pembayaran berevolusi

Marketplace Indonetwork Target 10 Juta Pengunjung

Pertumbuhan e-Commerce di Indonesia sangat pesat lonjakannya, menimbulkan evolusi dalam hal pembayaran. IDC memprediksikan di tahun ini, transaksi e-Commerce mencapai US$3 miliar.

3. Industri kesehatan makin serap IT

Keputusan pemerintah untuk menghubungkan seluruh puskesmas di seluruh Indonesia melalui Kementerian Kesehatan akan membutuhkan teknologi untuk mencapai target tersebut pada 2015. IDC memprediksi adanya peningkatan penyerapan IT di industri kesehatan sebesar 8 persen, dimana BPJS memiliki peranan kuat untuk perkembangan industri kesehatan.

4. Mobilitas lahirkan produktivitas

Mobilitas akan memberikan keuntungan lebih bagi setiap perusahaan. Menurut studi IDC, ada sekitar 77 persen perusahaan melihat mobilitas dapat memberikan produktivitas dan kompetitif. Sedangkan sisanya hanya sebagai kebutuhan konsumer saja.

5. Layanan purna jual jadi senjata andalan

Keren, Alat Bantu Gerak Ini Terhubung ke Otak Via Bluetooth

Penjualan hardware di Indonesia kerap dilakukan oleh para pelaku bisnis IT, sementara penjualan paket dengan software masih bersifat tambahan. Saat ini, untuk mempertahankan pelanggan, layanan purna jual menjadi senjata andalan.

(ren)

Shuttle bus Unpad

Unpad Terapkan Aplikasi Mobile Akademik

Aplikasi ini juga mengatur jadwal konsultasi dengan pembimbing.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016