Imbas Facebook Down, 7.500 Situs Layanan Merugi

Facebook Down
Sumber :

VIVA.co.id - Facebook kemarin mengalami down selama 40 menitan. Pengguna dunia pun langsung resah tak bisa mengakses situs jejaring sosial terpopuler itu. Pengguna seluruh dunia menyampaikan keresahannya di Twitter dengan menulis status dengan menyertakan #facebookdown, hingga memuncaki trending topic global.

Meski dalam waktu tidak lama Facebook mampu mengendalikan problem tersebut, tetapi lumpuhnya akses situs tersebut berdampak pada ribuan situs layanan yang mengandalkan log in Facebook, seperti Tinder, aplikasi layanan kencan.

Melansir Phys, Rabu 28 Januari 2015, menurut perusahaan pelacakan website, Dyna Trace, selama down, setidaknya 7.500 situs layanan berhenti beroperasi.  Sebab ribuan situs itu bergantung pada Facebook dan Instagram untuk menjangkau pelanggan mereka. Selain Facebook, situs berbagi foto Instagram juga mengalami down.

Untungnya Facebook sigap menangani problem tersebut, sehingga tak sampai petang hari kemarin, situs kembali normal seratus persen. Pengguna bisa mengakses kembali.

Namun demikian, down situs Facebook menurut Debra Aho Williamson, analis perusahaan riset eMarketer, membuat perusahaan yang bergantung pada Facebook kehilangan 'sedikit' trafik atau pendapatan iklan.

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook

Facebook bukan pertama kali ini mengalami down. Lima tahun lalu, tepatnya 24 September 2010, masa down terlama terjadi. Facebook tak bisa diakses selama 2,5 jam.

Pada tahun-tahun awal Facebook, situs itu kerap mengalami down akibat tak kuatnya sistem cadangan dan pusat data. Namun saat ini, Facebook telah mengembangkan pusat datanya dan secara rutin menguji dan memeriksa ketahanan infrastrukturnya.

Sementara terkait penyebab down, Guillermo Lafuente, konsultan keamanan MWR Infosecurity mengatakan, kesalahan teknis lebih masuk akal dibanding serangan peretas.

Sebab menurutnya jika diretas, maka situs tidak akan dapat diakses dan pada tampilan halaman tidak ditemukan pesan kesalahan sistem.

Baca juga:

VIDEO: Area 404, Laboratorium Terlarang untuk Bos Facebook

Facebook

Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video

Ada Facebook Live dan Instagram Stories.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016