2015, XL Andalkan Bisnis Data dan Digital

Fasilitas XL 4G
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO-XL

VIVA.co.id - PT XL Axiata Tbk mengklaim, dalam setahun terakhir, bisnis layanan digital perusahaan meningkat hingga 50 persen. Ini memperkuat misi mereka untuk terus memperkuat layanan di bidang tersebut.

"Layanan digital kami saat ini telah memiliki 1.000 pelanggan korporat dan didukung 10.000 mitra kerja. Tahun ini alokasi investasi di bidang itu tak jauh berbeda dengan nilai tahun-tahun sebelumnya," ujar Wakil Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, dalam keterangannya, Selasa 27 Januari 2015. Dua tahun belakangan, diketahui, XL memiliki belanja modal (capex) sekitar Rp7-8 triliun tiap tahunnya.

Menurut Dian, dengan mulai diperkenalkannya layanan 4G akhir tahun lalu, tuntutan pelanggan terhadap layanan data dan digital akan makin tinggi. Dia mengklaim, XL telah siap menjalankan sejumlah inisiatif khusus.

Pada layanan digital, kata dia, XL berfokus pada penyediaan berbagai layanan digital, termasuk juga value added services (VAS) yang variatif dan inovatif. Sejumlah layanan digital yang terus dikembangkan oleh XL antara lain mencakup XCloud, Mobile Advertising, Mobile Content, juga Digital Entertaiment. Tidak ketinggalan, juga ada layanan XL Asuransi M2M, serta XL Tunai (M-Payment).

"Tahun ini, XL akan mengembangkan jangkauan layanan 4G hingga merata ke sejumlah wilayah di Indonesia, di antaranya Mataram-Lombok, Denpasar, Malang, Sidoarjo, serta Jakarta. Sedangkan Medan, Yogyakarta, dan Bogor telah ada lebih dulu," ujar dia.

Meski 4G ditingkatkan, XL tidak serta merta meninggalkan layanan 3G. Mereka memastikan akan menambah kapasitas 3G untuk mempermudah akses layanan data.

"Perluasan daerah layanan area juga tetap dilakukan XL termasuk di wilayah-wilayah pelosok dan perbatasan wilayah Indonesia sesuai dengan ketentuan dari pemerintah yang diberikan kepada XL," katanya.

Dian menambahkan, hingga kuartal ketiga 2014, pelanggan layanan internet XL mencapai sekitar 31,2 juta atau 53 persen dari total 58,3 juta pelanggan. Sementara itu, pelanggan XL yang telah menggunakan smartphone saat ini telah mencapai sekitar 14,6 juta pelanggan.

Matahari Mall dan XL Klarifikasi soal Isu Pemblokiran

XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 49 ribu BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. (art)

Baca juga:

Kurangi Beban Kurs, XL Lunasi Utang Rp2,03 Triliun


Teknologi XL Bantu Penumpang Pantau Lokasi Bus Damri

Dian  Siswarini  dan  Hans  Prawira

Xl Axiata Gandeng Alfamart untuk Permudah Penjualan Pulsa

Program tersebut adalah Harga Pas dan XL Day.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2016