Planet Ini Punya Cincin Lebih Banyak dari Saturnus

Planet J1407b
Sumber :
  • WP/Ron Miller

VIVA.co.id - Selama ini cincin planet Saturnus dianggap sebagai yang paling menakjubkan. Namun hal ini akan terbantahkan setelah melihat puluhan cincin yang mengitari planet luar J1407b.

Planet ini ditemukan pada 2012 lalu. Sistem lingkaran pada J1407b merupakan yang pertama ditemukan di luar tata surya. Baru-baru ini ditemukan lebih banyak lagi cincin yang mengitari planet tersebut.

Ilmuwan, yang mempublikasikan temuannya di jurnal Astrophysical ini, melihat ada 30 lebih satuan cincin yang bisa diobservasi di J1407b. Setiap cincin memiliki diameter puluhan juta mil. Tidak seperti Saturnus, cincin-cincin ini justru mengitari bintang. Polanya cukup padat sehingga mampu menghalangi bintang yang dilingkarinya.

"Planet ini memang lebih besar dari Jupiter dan Saturnus. Lingkaran cincin pada bintang ini 200 kali lebih besar ketimbang Saturnus," ujar Profesor Fisika dan Astronomi dari University of Rochester, Eric Mamajek, seperti dikutip Washington Post, Selasa 27 Januari 2015..

Menurut Mamajek, jika sistem cincin tersebut menggantikan lingkaran yang ada di Saturnus, maka akan menjadi Supersaturnus. Artinya, planet Saturnus akan terlihat cukup jelas dari bumi, bahkan ukurannya akan lebih lebar dari bulan.

Para ilmuwan bisa melihat lingkaran-lingkaran tersebut dan jumlah tepatnya yang sekitar 30an. Pasalnya, struktur lingkaran tersebut tidak terlalu berdekatan. Bahkan terkadang cahayanya berganti-ganti dalam hitungan menit. Kemungkinan besar cincin ini akan semakin menipis ukurannya dalam kurun beberapa juta tahun ke depan.

"Sampai kita menemukan objek ini di 2012 lalu, tidak ada yang menyadari sistem ini nyata. Ini merupakan formasi satelit bintang pertama yang kami tangkap dengan jarak skala jutaan kilometer mengelilingi objek substellar," kata Mamajek.

NASA: Hati-hati dengan Klaim Planet Kesembilan

Baca Juga:


Ditemukan Planet Kesembilan di Tata Surya
Planet luar Tata Surya  2MASS J2126-8140

Kejutan, Ditemukan Tata Surya Terbesar

Tata Surya ini dikelilingi planet raksasa belasan kali massa Jupiter.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2016