VIDEO: Helikopter Mini NASA untuk Eksplorasi Mars

Helikopter Mars
Sumber :
  • jpl.nasa.gov

VIVA.co.id - Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) telah mengumumkan pembuatan helikopter kecil yang akan bertugas mendukung eksplorasi di Planet Mars.

Tidak mudah untuk mendesain helikopter dengan bentuk kotak kubus kubik dengan bobot satu kilogram dan ukuran 1,1 meter ini. Guna memastikan helikopter berfungsi, peneliti Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, menguji helikopter di ruang vakum setinggi 25 kaki.

Kepala Insinyur Sistem Robotik dan Mobilitas Bob Balaram, dikutip dari The Verge, Senin, 26 Januari 2015 membeberkan beberapa tantangan yang harus dihadapai helikopter, yaitu kepadatan atmosfer, sistem massa yang rendah serta mampu terbang dan mengelola penerbangan secara otonom.

"Tantangan lain yaitu sistem helikopter harus mampu lepas landas dan mendarat secara berulang pada batuan alami," jelas Bob.

Selanjutnya sistem helikopter juga harus bisa bertahan di lingkungan Mars yang kasar. Untuk itu, insinyur JPL harus mendesain helikopter mini itu berputar pada 2400 RPM agar bisa memantul.

"Sistem didesain untuk terbang selama 2-3 menit per hari dengan menghasilkan pengamatan dengan sejauh setengah kilometer," kata dia.

Sedangkan sumber daya helikopter ini dipasok dari panel surya di bagian atas.

Mengingat kondisi lingkungan dan tantangan di Mars, insinyur terus mengembangkan helikopter Mars agar memiliki sistem anti-peluru dan mampu menjalankan misi yang paling berisiko sekalipun.

Desain helikopter disebutkan tengah diuji coba JPL NASA di Pasadena, California, AS.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Lihat videonya di sini

Baca juga:

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024