Pengguna Smartphone di Indonesia Paling Suka Unduh Game

Baidu Inc. Perkenalkan MoboMarket di Indonesia
Sumber :

VIVA.co.id - Toko aplikasi milik Baidu, MoboMarket menemukan jika ternyata pengguna smartphone di Indonesia lebih suka mengunduh game. Angka ini hampir setengah dari pengguna MoboMarket.

Hal ini terungkap dalam laporan MoboMarket di kuartal ke-4 tahun 2014, Mobile Data Report Based on MoboMarket Users Data Research. Dalam riset tersebut diketahui, toko aplikasi yang telah diperkenalkan sejak Februari 2014 itu memiliki sekitar 2,8 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia.

"Game merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh para pengguna yakni sebanyak 43 persen. Setelah game, media sosial sebanyak 12 persen, dan aplikasi foto sebanyak 11 persen," ujar Bao Jianlei, Managing Director of Baidu Indonesia, dalam keterangan resminya, Senin 26 Januari 2015.

Dikatakan Baidu, jenis Game yang paling banyak diunduh adalah game ringan, dengan prosentasi 16 persen, lalu game arcade sekitar 16 persen, game racing 12 persen, game aksi 11 persen dan game olahraga sekitar 7 persen.

"Meskipun game menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna, namun dari sisi update, game menjadi aplikasi yang cukup jarang diperbarui, yakni hanya sebanyak 12 persen. Hal ini menunjukkan rentang waktu pemakaian game oleh pengguna tidak terlalu lama," kata Bao.

Sementara itu, jumlah update aplikasi-aplikasi sosial seperti Facebook, BlackBerry Messenger, dan Line menempati porsi terbanyak, yakni sebesar 39 persen. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas pengguna membutuhkan aplikasi sosial untuk jangka waktu yang panjang. Dari riset ini pula, MoboMarket menemukan bahwa kebanyakan pengguna memasang 3 hingga 4 aplikasi sosial dalam ponsel mereka.

Hasil lainnya dalam riset tersebut ditemukan, meski smartphone menjadi tren dalam beberapa bulan belakangan namun ponsel yang paling banyak digunakan oleh jutaan pengguna MoboMarket di Indonesia adalah yang berukuran layar 4 inci ke bawah. Sekitar 31,8 persen pengguna MoboMarket menggunakan smartphone tersebut dengan resolusi 800x480 piksel.

Kebayakan pengguna, menurut Baidu, tidak lagi mengakses di waktu siang, melainkan pukul 17.00 WIB dengan puncaknya di pukul 20.00 WIB. Puncak tertinggi pengguna saat mengakses aplikasi mobile adalah saat tengah malam dengan pencapaian terendah di puku 03.00 WIB.


BACA JUGA:

Petelur.ID, Aplikasi untuk Peternak Kelas Bawah

Bukti Menggiurkannya Bisnis Aplikasi Mobile di Indonesia

CEO Apple, Tim Cook

Apple Serahkan US$50 Miliar ke Pengembang Aplikasi

Apple juga baru saja mencapai penjualan satu miliar iPhone.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016