Hari Ini, Asteroid Seukuran Bus Hampir Senggol Bumi

Asteroid dalam perjalanan ke Bumi (ilustrasi)
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVA.co.id - Tepat pada hari ini, sebuah asteroid dengan ukuran yang cukup besar akan melintas dekat Bumi. Momen ini akan menjadi sejarah, sebab asteroid tersebut akan muncul kembali 200 tahun lagi.

Batu luar angkasa bernama 2004 BL86 ini akan mencapai jarak 745 ribu mil, atau setara dengan 1,2 juta kilometer, yakni hampir tiga kali jarak Bumi dengan Bulan. Jarak antara 2004 BL86 dengan Bumi, merupakan yang paling dekat.

Namun, rekor tersebut diperkirakan terpecahkan, karena pada tahun 2027 nanti, asteroid bernama 1999 AN10, diprediksi akan melintasi Bumi dengan jarak 19 ribu mil saja.

Sekedar informasi, 2004 BL86 berhasil ditemukan oleh teleskop dari Lincoln Near-Earth Asteroid Research (LINEAR) di white Sands, New Mexico, Amerika Serikat pada 30 Januari 2004 lalu.

Badan Antariksa Luar Angkasa (NASA), dilansir laman wthr.com, Senin 26 Januari 2015, memastikan 2004 BL86 tidak akan menjadi ancaman bagi penduduk Bumi, meski akan melesat dengan kecepatan 35 ribu mil per jam.

"Meski tidak akan menimbulkan ancaman bagi Bumi ke depannya, momen itu merupakan jarak yang relatif dekat dengan asteroid, sehingga memberikan kesempatan kita untuk mengamati dan belajar lebih banyak," ujar Don Yeomans, mantan manager Near Earth Object, NASA.

Untuk itu, Yeomans menyarankan bagi para penikmat astronomi, kesempatan langka tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, seperti menggunakan teropong di halaman belakang rumah.

"Saya mungkin akan mengambil teropong favorit saya dan mencobanya sendiri," jelasnya.

Tak hanya menyajikan pemandangan malam yang mengagumkan, menurut Yeomans kehadiran benda luar angkasa itu bisa menjadi sarana pengetahuan bagi manusia.

"Asteroid adalah sesuatu yang istimewa. Tak hanya bagian dari kehidupan dan banyak air, tetapi asteroid di masa depan akan menjadi sumber daya yang berharga untuk mineral bijih dan sumber daya penting lainnya. Mereka (asteroid) membuat kita terus mengeksplorasi, seperti kepada tata surya kita. Ada sesuatu tentang asteroid yang buat saya ingin ketahui," tutur dia. (asp)

Begini Skenario Misi Senggol Asteroid


Baca juga:

Asteroid BL86 Diklaim Datang Bersama UFO?
Brian May, gitaris band Queen

Gitaris Queen Galang Dana untuk Hadang Asteroid

Brian May dan para ilmuwan berencana membuat teleskop asteroid.

img_title
VIVA.co.id
15 Juni 2015