NASA Simpan Konspirasi UFO dan Alien?

UFO dari ISS
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk/YouTube

VIVA.co.id - Para pegiat dan pengamat objek terbang misterius (UFO) geram dengan Badan Antarika Nasional AS (NASA). Mereka menuduh NASA sengaja menyembunyikan fakta penampakan UFO yang terlihat dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Badan pemerintah AS itu dianggap sengaja menghilangkan potongan gambar dan rekaman penampakan UFO untuk menyembunyikan sinyal kehidupan asing di luar bumi.

Wanita Cantik Ini Mengaku Punya Anak Alien

Melansir Daily Mail, Kamis 22 Januari 2015, disebutkan selama bulan ini, para pengamat melihat ada dua penampakan UFO dari ISS. Namun saat melihat rekaman streaming itu, tiba-tiba rekaman terputus selama 10 hingga 15 detik. Setelah itu penampakan lenyap begitu saja.

Dalam kasus terakhir, pemburu UFO dan alien mangaku melihat objek yang mirip Starfleet dalam film Star Trek.

Sementara itu, pengamat UFO, Toby Lundh, menuding NASA sengaja menghapus rekaman dari arsip untuk menyembunyikan dugaan komunikasi antara astronaut dengan UFO.

Para pengamat UFO menduga, pengamatan yang terlacak pekan lalu adalah objek bulan ataupun puing yang menerpa lensa.

Sinyal kehidupan lain diyakini telah muncul melalui penampakan. Misalnya, pada 7 Oktober tahun lalu, pengamat melihat benda aneh melintas dekat ISS saat kedua astronaut Reid Wiserman dan Alexander Gerts berjalan di antariksa.

Menanggapi polemik tersebut beberapa ilmuwan menganggap para pengamat UFO dan alien terlalu mengalami pareidolia.

Istilah itu merujuk pada respon psikologis saat melihat penampakan bentuk mirip wajah dan item lain yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pareidolia merupakan sebuah bentuk dari apophenia, atau kejadian ketika orang melihat sebuah bentuk atau koneksi yang random, lalu dihubung-hubungkan dengan sesuatu yang tidak berkaitan.

Hal itu diakui oleh penulis investigasi manual UFO, Nigel Watson. Dia mengatakan para pengamat hanya mendapatkan gambar yang kabur.

Namun ia menekankan sikap NASA yang seakan menyembunyikan informasi seputar UFO membuat orang makin penasaran dengan spekulasi konspirasi yang dilakukan badan tersebut.

"Masalahnya adalah semakin NASA menyangkal hal tersebut, semakin banyak orang berpikir ada konspirasi untuk menyembunyikan kebenaran bahwa alien mengunjungi planet kita," ujar dia.

Terkait tudingan para pengamat UFO itu, sejauh ini NASA belum memberikan komentar. (ase)

UFO Besar Melayang Lalu Menghilang Terekam Kamera

Baca juga:

NASA Dituduh Sembunyikan Informasi UFO

Jet Tempur India Klaim Tembak Jatuh UFO

Sebuah objek misterius tertangkap di Utara Rajasthan, India.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2016