70 Hari di Tempat Tidur, NASA Siapkan Rp225 Juta

Percobaan tidur di luar angkasa
Sumber :
  • Inquisitr

VIVA.co.id - NASA mencari beberapa orang yang siap untuk berada di tempat tidur selama 70 hari berturut-turut. Sebagai imbalannya, telah disiapkan uang sejumlah US$18.000, atau sekitar Rp225 juta.

Dilansir melalui Forbes, Rabu 21 Januari 2015, NASA ingin melakukan eksperimen mengenai kemungkinan yang akan terjadi jika para astronotnya berada dalam keadaan tersebut di luar angkasa dalam waktu dua bulan lebih.

"Kami hanya ingin memastikan, kira-kira otot dan jaringan apa saja dalam tubuh yang akan mengalami penurunan fungsi jika mereka tidak bergerak aktif dalam waktu yang lama. Masalahnya, para astronot itu berada di ruangan minim gravitasi," ujar Dr. Roni Cromwell, ilmuwan senior NASA untuk 'Bed Rest Study'.

Sekelompok orang itu, nantinya hanya diminta untuk berada di atas kasur selama dua bulan lebih. Mereka diperbolehkan melakukan apa saja, termasuk menghibur diri dengan makanan, permainan maupun menonton film, selama tidak beranjak dari tempat tidur.

Yang menjadi perhatian NASA adalah daya tahan tubuh selama berada di luar angkasa dan kendala yang terjadi, sehingga mereka bisa menemukan solusinya.

Kejahatan dan Ide Penjara di Luar Angkasa

Diharapkan studi ini bisa membantu menemukan kendala yang akan dialami manusia saat dalam perjalanan ke Mars, yang pastinya akan membutuhkan waktu lama.

"Kami mencari mereka yang siap secara mental dan fisik untuk bisa berdiam di atas kasur selama 70 hari berturut-turut," ujar Cromwell. (asp)


Baca juga:

Stephen Hawking Punya Misi Antariksa Baru

Eksperimen Siswa RI di Antariksa Sudah Dimulai

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Mereka mengklaim telah mendapatan izin dari pemerintah federal.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016