Akhir Januari, Asteroid Ini Diprediksi Hampir Senggol Bumi

Ilustrasi asteroid dekati Bumi.
Sumber :
  • Reuters/NASA/JPL-Caltech/Handout

VIVAnews - Bagi para penikmat bintang, ini merupakan pemandangan langka. Pada 26 Januari nanti, sebuah asteroid akan melintas mendekati Bumi.

Batu luar angkasa itu diberi nama 2004 BL86. Pada tanggal tersebut, jaraknya dengan Bumi akan mencapai 745.000 mil atau tiga kali jauhnya dengan Bulan. Meski masih tergolong aman dan tidak mengancam Bumi, kecepatan asteroid mencapai 35.000 mil per jam, dan tergolong sebagai jarak terdekat dalam istilah astronomi.

2004 BL86 akan menjadi asteroid yang paling dekat dengan Bumi. Namun, jika 7 Agustus 2027 nanti asteroid 1999 AN10 jadi melintas, rekor BL86 akan terkalahkan. Prediksinya, AN10 akan mendekat ke Bumi dengan jarak 19.000 mil.

"Meski tidak mengancam Bumi ke depannya, ini merupakan jarak terdekat yang melibatkan asteroid besar. Ilmuwan bisa mengobservasi dan mempelajarinya lebih jauh. Ini merupakan kejadian langka dan akan terjadi 200 tahun ke depan," ujar Dr. Don Yeomans, mantan kepala badan luar angkasa untuk program objek terdekat Bumi (Near-Earth Object Programme), seperti dikutip Telegraph, Senin 19 Januari 2015.

Dikatakannya, BL86 memiliki cahaya yang cukup terang dan bisa dilihat menggunakan teleskop atau binokular. Pada malam hari tanggal 26 Januari, diperkirakan Matahari akan berada di bawah horison dan memberikan kesempatan kepada peneliti untuk bisa melihat asteroid.

"Atau jika Anda menengadah ke atas di pagi hari tanggal 27 Januari, penampakannya masih bisa terlihat sebelum Matahari terbit. Alam terbuka akan menjadi tempat yang baik bagi Anda untuk melihatnya," ujar Dr. Edward Bloomer, astronomer dari Royal Observatory Greenwich.

BL86 ditemukan pertama kali pada 30 Januari 2004 oleh astronom di White Sands, Meksiko Baru, dengan menggunakan teleskop Lincoln Near-Earth Asteroid Research (Linear).

"Meski asteroid seperti ini baru akan muncul lagi 200 tahun mendatang, asteroid lainnya memiliki kemungkinkan untuk melintas lebih dekat lagi dengan Bumi," kata Lord Martin Rees, astronom Inggris. (art)

Bumi Dibayangi Dua Komet Pekan Ini

BACA JUGA:

Jurus Baru NASA Tangkal Asteroid Pengancam Bumi

Ilustrasi asteroid dekati Bumi.

NASA Siapkan Pesawat Khusus untuk Asteroid Pengancam Bumi

Pesawat OSIRIS-Rex akan diluncurkan September 2016

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016