2014, Tahun Terpanas Sepanjang Sejarah

Wanita di tengah cuaca panas
Sumber :
  • inmagine

VIVA.co.id - Ilmuwan mengatakan jika tahun 2014 merupakan tahun dengan cuaca terpanas sepanjang sejarah. Temperaturnya naik 0,68 derajat celsius dibanding rata-rata suhu yang ada.

Hal ini diungkap peneliti Amerika dari NASA dan NOAA. Analisis mereka menyebutkan jika ini merupakan 14 dari 15 tahun terpanas yang terjadi sepanjang sejarah abad ini. Bulan lalu, Organisasi Meteorologi Dunia menyebut dalam 12 bulan belakangan masuk kategori pemecah rekor suhu terpanas.

"Suhu global jangka panjang rata-rata diperhitungkan dari data yang terkumpul sejak 1951 dan 1980. Ini merupakan rangkaian terakhir dari tahun terpanas, rangkaian abad terpanas," ujar Direktur Goddard Institute for Space Studies NASA, Gavin Schmidt, seperti dikutip BBC, Sabtu 17 Januari 2015.

Saat presentasi mengenai hasil tersebut, Direktur Pusat Data Iklim National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Thomas Karl, memperkirakan Eropa dan lautan di beberapa belahan dunia masuk dalam kategori terpanas, termasuk Australia. Namun, ada sebagian lain yang ternyata lebih dingin.

"Ada sebagian wilayah yang lebih dingin ketimbang suhu biasanya. Wilayah itu ada di sebagian Amerika. Namun jika dirata-ratakan, kami bisa menyebut tahun ini sebagai yang terpanas," ujar Karl.

Dalam menentukan hasil tersebut, NASA dan NOAA menggunakan dua dari tiga data suhu global, sedangkan kantor pusat iklim di Inggris meneliti data ketiga. Dari semua data itu digunakan WMO untuk membentuk dasar bagi perhitungan cuaca di Desember.

"Dari dua data saja terlihat jika semua laut memanas, meski tidak semua daratan masuk dalam kategori suhu terpanas," kata Karl. (art)

Atasi Krisis Energi Harus dengan Kerja Lintas Sektoral

BACA JUGA:

Perubahan Iklim Ancam Triliunan Dolar Aset Keuangan Global

Riau Kembali Alami Musim Kemarau
Nyamuk gigit kulit manusia.

Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging

Perubahan iklim memicu perkembangan nyamuk jadi lebih banyak dan kuat

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016