Bos SpaceX Ingin Buat Internet di Luar Angkasa

CEO SpaceX, Elon Musk
Sumber :
  • SpaceX

VIVA.co.id - Bos SpaceX memang sangat berambisi untuk menguasai luar angkasa. Setelah ingin meluncurkan pesawat wisata ke Mars, Elon Musk ingin membuat layanan internet luar angkasa yang akan bisa menyelimuti semua wilayah di Bumi.

Pria yang memimpin banyak perusahaan teknologi itu, seperti Tesla Motor, SpaceX, SolarCity, dan Hyperloop, berencana memulai proyek jaringan komunikasi satelit yang mengorbit Bumi. Rencana itu dasarnya hampir sama dengan Google project Loon dan Internet.org, yaitu untuk menyediakan akses internet ke wilayah pedalaman.

"Fokus kami adalah menciptakan sistem komunikasi global yang lebih besar dari yang pernah dibicarakan sekarang," ujar Musk, seperti dikutip dari Businessweek, Sabtu 17 Januari 2015.

Targetnya, dipaparkan Musk, ada dua. Pertama adalah mempercepat laju data internet, dan menghadirkan layanan internet murah serta cepat ke tiga miliar lebih warga dunia yang belum memiliki akses internet.

Dijelaskannya, untuk mewujudkan hal itu, ribuan satelit akan diorbitkan dengan jarak 750 mil dari atas permukaan Bumi. Letaknya cukup dekat dengan satelit komunikasi tradisional yang berada di ketinggian 22.000 mil.

Satelit terendah akan menghadirkan layanan internet cepat dengan sinyal elektromagnetik yang tidak begitu jauh untuk bisa menjelajah. Selama ini, sistem satelit yang ada membuat aplikasi seperti Skype, game online dan layanan berbasis cloud masih sulit untuk dilakukan.

Bos Amazon: Selamat Datang di Klub, SpaceX!

Jika Musk mewujudkan rencana ini, teorinya, akan mengalahkan kecepatan kabel optik di darat. Sekaligus bisa menjangkau wilayah pedalaman. (art)

BACA JUGA:

Akhirnya, Roket SpaceX Berhasil Mendarat Mulus

Dendam Lama, CEO Tesla Sebut Steve Jobs Orang Berengsek
Roket Falcon 9

Bos SpaceX: Bangun Kota di Mars Bisa Saja

SpaceX telah berhasil meluncurkan dan mendaratkan roket Falcon 9.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2015