Acer Liquid Z500, Ponsel Quad Core Pelengkap Momen Indah

Acer Liquid Z500
Sumber :
  • VIVanews/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Ponsel pintar merupakan salah satu perangkat yang kerap menemani mobilitas penggunanya. Dengan produk mobile ini, pengguna bisa memainkan musik, menyimpan data penting, melakukan komunikasi dengan teman dan apalagi bagi kalangan fashionista, tentu tak ingin melewatkan memotret setiap momen indah sepanjang hari.

Kuartal II 2016, Penjualan Ponsel Hanya Naik 1 Persen

Ponsel pintar Acer Liquid Z500 hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut, khususnya menemani penggunanya agar tak ketinggalan momen indah.

Kadangkala momen indah datang tak direncanakan, maka dibutuhkan ponsel yang bisa dieksplorasi dengan cepat agar tak ketinggalan dengan momen indah maupun kebutuhan lainnya. Mencoba kemampuan tersebut, kami telah menjajal Liquid Z500, yang dibanderol Rp2,099 juta. Berikut ulasan kami.

Desain

Dari tampilan sekilas dan kesan awal, Z500 cukup berbeda. Balutan warna milenium memberikan kesan bersih dan ringan di pandang mata.

Saat memegangnya, ponsel 5 inchi itu memang cukup nyaman. Digenggam  tak berat, bobot hanya 147 gram saja.

Desain sisi ponsel yang curve di bagian sudutnya membuat ponsel ini tak begitu kaku. Dengan paket casing model flip, maka pengguna harus membuka untuk melihat tampilan antarmua ponsel ini.

Menyisir ke sisi ponsel, tak ada yang istimewa. Tombol pengaturan volume di bagian kanan atas, lubang pengisian daya di bagian bawah paling kiri serta lubang audio jack terletak di kiri atas dipadu dengan tombol power di sisi berlawanan.

Berbalik ke bagian belakang. Pengguna disuguhkan dengan casing berbahan plastik, namun dengan desain pola uniknya pada bagian belakang. Z500 terasa tak licin saat digenggam, apalagi dengan casing flip di bagian depan membuat nyaman dalam genggaman. 

Bagian belakang yang menonjol yaitu kamera 8 MP dengan LED flash disertai dengan tombol andalan Rapid Button.

Dari sisi desain biasa saja, dan hal yang berbeda yaitu casing flip pada bagian depan yang tersambung dengan casing plastik untuk bagian belakang. Saat ditelanjangi, casing ini bagian depan dan belakang terlepas bersama.

Keuntungan flip cover yaitu menyamankan genggaman serta melindungi tampilan muka ponsel.

Sayangnya bila pengguna tak menginginkan flip cover itu, pengguna harus mengorbankan casing bagian belakang. Sebuah pilihan yang tanggung.

Fitur Utama

Acer menonjolkan kemudahan eksplorasi pada Z500. Fitur penunjang kemudahan yang ditawarkan yaitu Rapid Button, sebuah tombol khusus di bagian bawah kamera utama. 

Tombol yang terletak di bawah kamera utama, memfasilitasi pengguna untuk bisa shorcut aplikasi misalnya aplikasi musik, mengatur panggilan masuk dan keluar serta mendukung aktivitas foto selfie.

Saat dicoba tombol andalan ini kurang maksimal. Meski terbukti untuk mudah mengambil foto, namun pengguna perlu penyesuaian penekanan tombol Rapid Button itu.

Hati-hati jangan terlalu keras memencet tombol. Agar tak rusak.

Setali tiga uang. Tombol ini juga kurang maksimal dengan letak di bawah kamera utama. Jari untuk menekan Rapid Button yang cukup dekat dengan posisi kamera kerap kali menganggau sudut pemotretan. Inovasi ini memang memiliki semangat bagus, memudahkan akses tanpa melalui tombol utama.

Untuk menggunakan tombol Rapid Button, idealnya menggunakan kedua tangan, satu tangan untuk memegang tombol, sedangkan yang lainnya memastikan ponsel pada posisi yang benar. Jika dengan satu tangan, apalagi saat berusaha selfie, cukup susah.

Fitur ini cukup nyaman untuk mengatur pemutar musik. Sekali tombol ditekan, pengguna akan dibawa pada layanan pemutar musik. Tombol ini juga berfungsi untuk mem-pause pada file pemutar musik. Cukup sekali tekan saja.

Untungnya sajian gambar dan foto yang dihasilkan  Z500 cukup menjadi 'obat'. Layar dengan teknologi IPS beresolusi 1280x720 cukup memanjakan mata. Layar jernih, cerah dan cukup kuat dari goresan.

Kamera

Bekal kamera 8 MP menghaslilkan gambar yang cukup bagus, dengan dukungan layar IPS. Hasil foto terang dan jelas.

Sementara untuk tampilan foto dengan kondisi backlight, Z500 masih terganggu. Sarannya, sebaiknya ambil posisi yang ideal. Dalam kadar tertentu masih terganggu dengan sinar atau cahaya matahari.

Sementara untuk hasil dalam foto kurang cahaya, Z500 mampu menampilkan gambar yang mumpuni. Dengan dukungan fitur flash cukup membantu dalam kondisi pencahayaan yang minim.

Untuk kamera depan dengan 2 MP, bisa digunakan untuk kebutuhan foto selfie. Meski 2 MP tapi dengan dukungan layar IPS, hasil selfie tak begitu mengecewakan

Masuk Zona Bahaya Ketika Liburan, Tekan Tombol Ini

Performa

Sementara dari sisi performa, Z500 didukung oleh prosesor quad core 1,3 Ghz dan dukungan RAM 2GB serta penyimpanan internal 16 GB dan opsi hingga 32 GB.

Meski dengan bekal dapur pacu tersebut, hasil pengujian benchmark AnTuTu menunjukkan Z500 masih kalah jauh dari ponsel Asus ZenFone 5, Xiaomi MI 2, Xiaomi Remi Note, HTC One, LG G3, Nexus 5 dan Xiaomi MI 3. Z500 hanya meraih poin pengujian 18619.

Sementara dari pengukuran Quadrant, Z500 meraup skor total 7166 dengan rincian CPU (24041), memori (3733), I/O (5276), 2D (495) dan 3D (2283).

Raihan skor itu mengungguli hasil benchmark dari HTC One X, Asus Transformer Prime TF201, Motorola ATRIX 4G, Samsung Galaxy Tab 10.1, Samsung Galaxy Nexus, LG Optimus 2X, HTC Desire HD, Samsung Nexus S.

Sejauh ini tidak ada kendala dalam akses ke dalam aplikasi, pun saat menjalankan multiple aplikasi.
 
Baterai yang digunakan Z500 merupakan baterai unibody. Menurut pengalaman kami, dalam keadaan stand by, bisa dalam beberapa hari. Namun jika dipakai secara aktif bisa bertahan seharian lebih.

Menemani model unibodi, di bagian sebelah kiri bagian belakang terdapat dua slot mikro SIM GSM. Ini bisa dimanfaat pengguna dengan pilihan kenyamanan komunikasi dengan provider favorit.

Sementara untuk baterai, tak terasa menguras dan cepat panas, seperti pada umumnya ponsel pintar. Sedangkan fitur audio cukup nyaman dan dengan headset yang kencang di telinga. Suara yang masuk ke telinga nyaman dinikmati.

Acer Liquid Z500

Penggunaan Dompet Digital Semakin Populer

Acer Liquid Z500

Hasil foto Acer Liquid Z500

Acer Liquid Z500

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya