VIDEO: Uji Kekuatan, iPhone 6 Dijatuhkan dari Atmosfer

Apple luncurkan iphone 6
Sumber :
  • REUTERS/Stephen Lam

VIVA.co.id - Uji ketahanan perangkat mobile dengan skena dijatuhkan dari ketinggian (drop test) sudah menjadi hal yang jamak. Ini menjadi prosedur wajib untuk menguji daya tahan gawai (gadget) yang bersangkutan.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Namun apa jadinya jika drop test dilakukan dari lapisan kedua atmosfer, statosfer, dengan ketinggian 100 ribu kaki atau 30,48 Km? Nah, perusahaan produsen casing ponsel Urban Armor Gear (UAG) melakukan pengujian unik tersebut.

Melansit Cnet, Jumat 16 Januari 2015, perusahaan ini menggunakan ponsel baru iPhone 6 dalam drop test tersebut. Tentu saja iPhone 6 tersebut tak dijatuhkan dengan kondisi "telanjang," namun dengan pelindung casing UAG.

Dalam prosesnya, tim UAG menyertakan balon udara yang menerbangkan iPhone 6 tersebut. Dalam skema ini, tim juga menyertakan perangkat lain yaitu dua kamera GoPro, GPS, backup ponsel serta parasut.

Begitu sampai pada ketinggian 100 ribu kaki, balon diletuskan dan iPhone 6 langsung meluncur cepat ke permukaan bumi.

Agar tak membahayakan penduduk di daratan, tim menyertakan parasut. Tujuannya agar tak menghujam bagai peluru bagi penduduk.

Selama meluncur ke permukaan bumi, iPhone 6 harus melewati suhu -61,66 derajat celcius, kecepatan angin 70 mil per jam serta putaran mencapai 150 rpm. Dampak dari suhu ekstrem itu, daya baterai mati.

Dilaporkan pendaratan berlangsung secara kasar dan sempat merusak beberapa perangkat penerbangan yang disertakan, termasuk parasut. Tapi untungnya, meski mendarat kasar, iPhone 6 masih berfungsi penuh setelah diisi ulang. (ren)

Baca juga:

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Apple.

Apple Bagi-bagi Undangan

Apple akan menggelar hajatan perdana di tahun ini yang bertema 'Let Loose' bakal digelar pada 7 Mei merilis tablet iPad Pro dan iPad Air serta Apple Pencil.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024