Ponsel Bongkar Pasang Google Mulai Diuji Coba

Project Ara
Sumber :
  • TechnoBuffalo

VIVA.co.id - Google akhirnya mulai memamerkan ponsel pintar fenomenalnya, Google Ara. Ponsel ini memungkinkan pengguna untuk bongkar pasang komponen, sehingga sesuai yang diinginkan.

Pengguna ponsel pintar kebanyakan selalu ingin membuat personalisasi terhadap perangkat yang mereka bawa, baik untuk aplikasi maupun software. Sayangnya, hal ini terkendala perangkat keras dari pabrikan. Google sepertinya ingin mengubah hal itu.

Ini merupakan hasil dari proyek Ara, sebuah proyek yang memungkinkan pengguna untuk membongkar pasang komponen atau mencocokkan hardware hingga sesuai yang diinginkan. Mirip dengan lego.

Dilansir melalui Cnet.com, Jumat 16 Januari 2015, Google akan mulai menguji coba pasar ponsel Ara di Puerto Rico. Uji coba itu akan dimulai tahun ini. Data dari hasil uji coba itu akan digunakan Google untuk bisa meluncurkan secara global.

Ponsel ini merupakan upaya Google untuk menciptakan ponsel dengan komponen yang mudah diganti. Dengan slot yang sudah disediakan, pengguna bisa mengubah aplikasi yang diinginkan. Misalnya, mengubah kamera bawaan dengan resolusi yang lebih besar, mengubah prosesor dengan core yang lebih banyak.

Hanya dengan melepas modul di belakang ponsel, dan menggantinya dengan yang baru, maka aplikasi di dalamnya secara otomatis ter-upgrade. Bahkan, modul berbentuk kotak itu bisa dibuat hanya dengan printer cetak 3D. (art)

BACA JUGA:

Ini Tips Menjauhi Anak dari Gadget

Akses Keuangan Diklaim Lebih Murah dengan Gawai
Dua ponsel buatan Samsung dan Apple

Kuartal II 2016, Penjualan Ponsel Hanya Naik 1 Persen

Oppo di posisi empat, Xiaomi merangsek masuk kembali

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016