2014, Ada 4 Juta Nama Domain Baru Didaftarkan

Ilustrasi alamat domain Internet.
Sumber :
  • telecomcanadaen.wordpress.com

VIVAnews - Di kuartal kedua 2014, tercatat ada sekitar 4 juta nama domain baru yang ditambahkan ke internet. Total, jumlah nama domain terdaftar di seluruh dunia tahun lalu mencapai angka 280 juta.

Berdasarkan laporan VeriSign, Kamis 15 Januari 2015, jumlah tersebut menandakan pertumbuhan sebesar 1,4 persen dibanding kuartal sebelumnya. Namun, jika dibanding tahun sebelumnya, angka itu naik 18,6 juta atau sekitar 7,2 persen.

Khusus untuk domain .com dan .net saja, total ada sekitar 128,9 juta nama domain. Angka ini setara dengan peningkatan 3,7 persen. Perbandingannya, 113,7 juta untuk .com sedangkan untuk domain .net sekitar 15,2 juta.

"Seiring dengan semakin banyaknya manusia dan “benda-benda” lain yang terhubung secara online, dunia akan menjadi lebih terhubung melalui internet, untuk berbagi informasi dan data yang berpotensi mengubah cara hidup dan kerja kita," tulis pihak VeriSign.

Perusahaan penyedia nama domain dan keamanan internet itu mengatakan jika Internet of Things akan membuat peningkatan signifikan dalam kenaikan jumlah kebutuhan nama domain.

"Hal yang paling penting adalah melindungi perangkat dan aplikasi yang kita gunakan untuk terhubung ke Internet dari ancaman keamanan," katanya.

Ditambahkannya, selama kuartal kedua 2014, beban kueri Sistem Nama Domain (DNS) rata-rata harian adalah 95 miliar di seluruh domain tingkat atas yang dioperasikan oleh Verisign. Puncaknya mencapai angka 204 miliar. Bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, rata-rata harian meningkat 11,7 persen dan puncaknya meningkat 70,4 persen.

Domain .go.id Mudah Dijebol Peretas, Ini Kata Pandi

"Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, beban kueri rata-rata harian meningkat 18,8 persen dan beban kueri puncak menurun 16,6 persen," papar pihak VeriSign. (one)

BACA JUGA:

Google Beli Domain abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com

12 Nama Situs dengan Harga Termahal di Dunia
Ilustrasi alamat domain Internet.

Pendaftaran Nama Domain Juga Terintegrasi Dukcapil

Manfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan, dan KTP.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2015