Ini Foto Fenomena Langka Cakrawala Matahari

Fenomena cakrawala matahari
Sumber :
  • www.sciencealert.com/Joshua Thomson

VIVAnews - Fenomena alam cakrawala sangat aneh yang mengiringi matahari terbit, diabadikan oleh seorang warga AS, Joshua Thomas.

Saking anehnya, Thomas menyebutkan tampilan cakrawala pada 9 Januari pagi hari di Sungai Merah, New Mexico itu, sebagai tampilan cakrawala alien. Sebab tampilan cakrawala merupakan kombinasi busur dan lingkaran cahaya halo atau cincin matahari. Kombinasi itu menciptakan pemandangan yang mengagumkan. 

Menyadari fenomena yang langka itu, mengutip Science Alert, Kamis 15 Januari 2015, Thomson melaporkan temuannya ke Badan Cuaca Nasional As (NWS) di Texas melalui email. Ia meminta badan pemerintah itu untuk menguak kenapa fenomena itu bisa terjadi.

Berkat bantuan peneliti di Atmospheric Optics, NWS menjelaskan fenomena optik di sekitar matahari itu terjadi secara bersamaan.

Pada fenomena itu, peneliti menyoroti tampilan menonjol dari lingkaran cincin matahari 22 derajat, pilar matahari dan parhelion atau sering disebut sun dog. Fenomena terakhir itu merupakan fenomena optis yang menampilkan titik-titik terang di langit, yang sering mengitari pada cincin matahari.

Tampilan kombinas fenomena itu, kata peneliti, disebabkan oleh interaksi sinar matahari dengan kristal es yang ada di atmosfer.

Penjelasan Ilmiah atas Misteri Danau 'Merah Darah' di Iran

Penjelasan fenomena optis langka matahari

Peneliti melanjutkan fenomena langka itu terlihat seperti cuaca dingin yang dikombinasikan dengan sudut matahari saat terbit pagi hari, hal ini memungkinkan peluang munculnya banyak busur dan halo secara bersamaan.

Tampilan ini telah diunggah di Facebook dan banyak sekali mendapat respon dari pengguna.

Rabu, Indonesia Kebagian Gerhana Bulan Penumbra

Baca juga:


Awan Bentuk Lafal Allah Hebohkan Warga Yogya
Fenomena Supermoon 2015 di Berbagai Belahan Dunia

Supermoon Langka Muncul 15 November Dini Hari

Akan muncul lagi 2034 nanti.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016