Orangutan Ini Berbicara Meniru Manusia

Orangutan Tilda
Sumber :
  • Cologne Zoo

VIVAnews - Sekelompok peneliti telah mempelajari seekor orangutan yang bisa membuat nada untuk menarik perhatian manusia. Bahkan dia bisa menimbulkan suara konsonan mirip yang diucapkan manusia.

Orangutan itu bernama Tilda, yang berada di kebun binatang Cologne di Jerman. Tilda sejatinya lahir di Kalimantan pada 1960 sebelum ia ditangkap pada umur dua tahun. Dia telah menghabiskan 50 tahun masa hidupnya dalam kurungan.

Rupanya, masa itu yang membuatnya bisa belajar bersuara. Saat berada di kebun binatang itu, ia berusaha untuk menarik perhatian penjaga kebun dengan membuat siulan dan serangkaian suara ritmis.

Sekelompok tim peneliti biologi itu menemukan jika dia mengeluarkan suara tak biasa itu dengan cara meniru gerakan mulut yang biasa digunakan saat berbicara. Gerakan bibir dan lidah yang dilakukan Tilda sama dengan gerakan manusia saat menghasilkan konsonan 't', 'k', dan 'p'.

Caranya, Tilda secara cepat membuka dan menutup mulutnya secara berirama. Ritme yang ia gunakan tujuh kali lebih cepat ketimbang yang dilakukan orangutan lain saat bersuara.

"Orangutan sepertinya memiliki kemampuan untuk belajar dan memproduksi suara ketimbang apa yang pernah kita prediksi beberapa tahun lalu. Ini bisa membuat kita lebih memahami evolusi dari produksi suara manusia," ujar Prof. Serge Wich, primatolog dari Liverpool John Moores University, seperti dilansir Daily Mail, Senin 12 Januari 2015.

BACA JUGA:

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024