Kecanduan Internet dan Game, Indikasi Terkena NetBrain

Ilustrasi pasangan pakai ponsel di tempat tidur
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Peneliti menemukan, di seluruh dunia, ada sekitar 182 juta orang kecanduan menggunakan internet. Sebuah penyakit yang berhubungan dengan kecanduan ini pun disebut sebagai NetBRain.

Menurut ilmuwan, NetBrain merupakan penyakit teknologi pada manusia, yang sampai pada tahap menimbulkan perilaku narsis, perhatian yang kurang, dan ketakutan terhadap ketertinggalan. Orang-orang seperti ini biasanya suka berjudi online, menggunakan jejaring sosial, situs game, dan aplikasi secara reguler.

Yang mengejutkan, orang-orang dengan smartphone terindikasi tiga kali lebih kuat terkena NetBrain ketimbang mereka yang tidak menggunakannya. Penyakit ini ditemukan oleh para periset VisualDNA yang berbasis di London. Dengan dukungan psikolog Dr. Tomas Chamorro-Premuzic dari University College London.

Tim psikolog itu menganalisis perilaku pengguna ponsel dan internet dari 1.000 orang dewasa. Mereka menemukan 11 persen atau 5,7 juta orang dewasa di Inggris menderita NetBrain.

Studi itu juga menunjukkan jika mereka yang menderita NetBrain cenderung anti-sosial, masih tetap menggunakan ponselnya meskipun sedang bersama teman.

"Riset ini memberikan bukti dan pandangan terhadap perkembangan sosial dan efek dari teknologi bagi individual. Wabah NetBrain telah menyebar. Efek paling parah akan mencakup kehidupan dalam keluarga, di mana pekerjaan seseorang akan tercampur dengan kehidupan berkeluarga," ujar Chamorro, dikutip dari Daily Mail, Senin 12 Januari 2015. (art)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

BACA JUGA:


4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024