"Kotak Hitam" Ini Bisa Isi Daya 12 Perangkat Secara Nirkabel

wireless charging besutan Energous
Sumber :
  • www.theverge.com

VIVAnews - Teknologi pengisian daya nirkabel (wireless charging) memang sudah menjadi tren. Namun sayangnya perangkat pengisian nirkabel yang ada saat ini mengharuskan perangkat mobile pengguna harus berada tepat di atas wireless charger.

Jika tak berada di posisi tepat, pengisian daya tak akan berjalan. Hal ini membuat pengguna harus sabar merelakan tak lengket dengan perangkatnya selama mengisi daya di wireless charger itu.

Tapi kini, melansir The Verge, Jumat 9 Januari 2015, solusinya sudah disediakan oleh Energous. Perusahaan berbasis di San Jose, AS itu menciptakan wireless charger yang memungkinkan pengisian daya, walau perangkat terpisah dalam radius 4,57 meter. Wireless charger berbentuk kotak dan berwarna hitam itu menjalankan teknologi WattUp.

Disebutkan kecepatan pengisian daya tergantung pada seberapa dekat ponsel dengan perangkat wireless charger. Semakin dekat perangkat, maka daya baterai makin cepat dan sebaliknya.

Kecepatan pengisian daya ini juga tergantung berapa perangkat yang terhubung dengan perangkat 'kotak hitam' tersebut. Semakin banyak perangkat yang mengisi daya, maka kecepatan pengisian makin menurun.

Energous mengatakan kunci dari kemampuan kotak hitam itu adalah teknologi WattUp, yang memungkinkan pengisian langsung nirkabel ke ponsel, wireless speaker atau produk lain yang membutuhkan daya.

Sayangnya untuk menggunakan tenologi ini, pengguna harus membeli perangkat pendukung yaitu pemancar, dengan harga US$300. Bentuk pemancar yang tersedia saat ini pun masih cukup besar, tapi perusahaan menjanjikan bentuknya akan menyusut 6 kali saat rilis resmi.

Meski agak repot, tapi kocek itu bermanfaat. Sebab kotak hitam itu disebutkan bisa mengisi 12 perangkat bersamaan.

Perusahaan menambahkan rahasia teknologi WattUp adalah penggunaan Bluetooth LE, yang bisa menemukan perangkat yang membutuhkan pengisian daya.

Charger Ini Bisa Isi Daya Empat Perangkat Sekaligus

Teknologi ini juga menjanjikan, sebab perusahaan berjanji akan menghadirkan baterai dengan teknologi WattUp pada akhir tahun ini. Energous juga menjanjikan harga baterai yang berbasis teknologi WattUp nanti bakal lebih murah dibanding baterai tradisional saat ini.

Baca juga:

Ini Peta Koneksi Internet Seluruh Dunia dan Indonesia
David Zhong Chen, Founder and CEO Kata Digital sedang melakukan demo Kata Box

Kata Box Sulap TV Jadi Makin Pintar

Kata Box menjawab kebutuhan digital pengguna.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2015