Ini Resolusi Kemenristek Dikti di Tahun 2015

Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVAnews -
Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh
Di penghujung akhir tahun, Menteri Riset dan Dikti (Menristek Dikti), M Nasir, mengungkapkan sejumlah program yang akan menjadi prioritas oleh kementeriannya di tahun 2015.

Kapan Bumi Kiamat?

"Prioritas yang kami lakukan yakni semua produk-produk riset yang dilakukan oleh Kementerian Riset dan Dikti sesuai dengan nawacita bapak Presiden Joko Widodo yaitu masalah kemaritiman, pangan, dan energi," ungkap Nasir usai meresmikan alat peraga iptek terbaru di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa, 30 Desember 2014.
Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II


Nasir melanjutkan saat ini pihaknya sedang mengembangkan teknologi terkait dengan energi yang terbarukan untuk menjawab krisis energi yang dialami oleh Indonesia.


Kemudian, tambah dia, mengenai masalah pangan, Kementerian Ristek dan Dikti terus meningkatkan hasil riset di sektor pangan.


Adapun hasil riset tersebut akan ia coba untuk dihilirisasi agar bisa dikomersilkan. Pasalnya, menurut Nasir, sampai saat ini riset sering berpangku pada pendanaan. Mayoritas 74 persennya, disokong pemerintah, bukan dari dunia usaha.


"Prinsip dari produk ini adalah produk inovasi berbasis pasar. Artinya riset itu berbasis pada pasar yang nanti kebutuhan masyarakat itu apa, itu yang kita lakukan, supaya risetnya tidak sia-sia," jelas dia.


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya