2020, Storage Tak Mampu Lagi Tampung Data

Cloud Storage
Sumber :
  • ICT4U

VIVAnews - Semua di dunia pasti ada masanya. Ada saatnya habis atau penuh. Termasuk ruang data komputer untuk seluruh pengguna di dunia.

Perusahaan solusi penyimpanan data, Seagate mengatakan jika dunia akan kelebihan kapasitas data lebih dari enam zettabytes. Angka ini hampir dua kali lipat ketimbang produksi data di 2013.

"Dunia akan kehabisan ruang komputer pada kurun 2020 nanti. Ada kebutuhan yang besar dan terus meningkat di dunia komputer. Namun industri tidak bisa mengejarnya," ujar VP Seagate, Mark Whitby, seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa 23 Desember 2014.

Whitby mengatakan jika ini merupakan peringatan kepada pengguna untuk lebih berhemat dalam penyimpanan data. Artinya, pengguna disarankan untuk lebih memaksimalkan penggunaan hard drive (HD) mereka ketimbang membeli yang baru.

Dalam catatan Whitby, pada 2013 lalu, ada sekitar 3,5 zettabytes data yang diproduksi oleh seluruh pengguna komputer. Pada 2020 nanti, angka itu akan meningkat menjadi 44 zettabytes.

Konteksnya, kata Whitby, satu zettabytes sama dengan penggunaan 34.359.738.368 unit smartphone. Asumsinya, satu perangkat memiliki storage sebesar 32 GB.

Whitby menyalahkan pemain industri HD yang dianggap tidak melakukan banyak penelitian dalam penciptaan produk baru. Menurutnya, saat ini Seagate mengandalkan teknologi heat-assisted magnetic recording (HAMR) yang dianggap mampu meningkatkan ruang penyimpanan komputer. Teknologi itu melibatkan penggunaan laser untuk memanaskan storage perangkat dan secara magnetik merekam data ke dalamnya.

Jika sekarang, satu inci persegi hanya berisi ratusan gigabits, dengan HAMR mampu mencapai 50 terabits per inci persegi. Artinya, jika seluruh buku di dunia diubah ke dalam format digital, ukuran file-nya akan mencapai 400 terabytes. Dengan teknologi baru itu, butuh sekitar 20 HAMR drives untuk menampung semua buku digital yang ada.

Dalam komputer, hukum Moore berlaku sejak 1970. Komputer yang muncul di masa awal memiliki kapasitas lima megabytes saja. Angka ini naik dua kali lipat setiap dua tahun. Satu unit HD saat ini memiliki kapasitas ruang lima terrabytes. Harganya mencapai US$312 atau sekitar Rp7 jutaan. Bisa menyimpan 2,5 juta lagu, 1.000 judul film dan dua juta foto.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

BACA JUGA:

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024