Ilmuwan: Venus Bisa Juga Jadi Bumi Alternatif

Sistem Tata Surya
Sumber :
  • solarsystem.nasa.gov

VIVAnews - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) terus memantapkan misi eksplorasi di Mars untuk mencari planet yang layak huni bagi manusia di masa mendatang. Namun, untuk dua ilmuwan NASA ini mempunyai pandangan lain. Bagi mereka, Venus bisa menjadi tempat yang cocok bagi manusia.

Seperti yang diberitakan di The Verge, Selasa, 23 Desember 2014, dua ilmuwan NASA yang bernama Daley dan Chris Jones berpendapat bahwa badan antariksa tersebut perlu mengirimkan sebuah pesawat ruang angkasanya menuju planet tersebut karena cukup dekat dengan Bumi dibandingkan dengan Mars.

Venus memang memiliki tingkat kesulitan yang cukup rumit daripada eksplorasi Mars. Hal ini karena planet tersebut mempunyai tekanan 92 atmosfer Bumi dan suhu mencapai lebih dari 900 derajat fahrenheit atau setara dengan 500 derajat celsius, sehingga dapat melelehkan timah. Namun, dua ilmuwan tersebut mengatakan kalau langit di Venus terbilang ramah untuk dijadikan tempat manusia.

"Sekitar 31 mil (50 kilometer) di atas permukaan Venus, gravitasi hanya sedikit lebih rendah dari Bumi dan tekanan atmosfernya sama. Terlebih lagi, Venus lebih terlindungi daripada radiasi di Mars. Jadi, atmosfer di Venus hampir sama saat Anda berada di Kanada," ungkap Arney dalam sebuah laporan di IEEE Spectrum.

Maka dari itu, dua ilmuwan NASA itu ingin memengaruhi kebijakan besar di tempatnya agar NASA mau memberikan perhatiannya dari sebagian perhatian mereka ke program Orion.

Ilmuwan itu menawarkan sebuah konsep High Altitude Venus Konsep Operasional (Hovac), dimana ada sebuah kendaraan yang dirancang dapat melayang di langit Venus layaknya seperti balon gas helium yang dapat dioperasikan dengan tenaga surya.

Sebelum mengembang, kapal balon gas helium itu terlebih dahulu dilipat ke dalam sebuah pesawat ruang angkasa yang diluncurkan di Bumi. Pesawat antariksa untuk kapal tersebut dibedakan dengan pesawat ruang angkasa yang khusus diisi dengan robot serta astronaut yang mendapat tugas untuk meneliti planet Venus.

"Jika Anda harus melakukan misi ke Venus untuk yang pertama dengan memajukan teknologi tersebut dan kemampuan menjelang pengiriman manusia secara berkala ke Mars," ucap Jones.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Baca juga:

Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024