NASA Rilis Perubahan Tampang Orion Saat Ujicoba

Kapsul Orion
Sumber :
  • REUTERS/Mike Brown

VIVAnews - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis video hasil ujicoba peluncuran kapsul Orion. Perilisan tersebut untuk menunjukkan pengalaman berada dalam Orion saat melakukan misi ruang angkasanya.

Rekaman tersebut berasal dari kamera yang dipasang di dalam kapsul, tepatnya berada di jendela Orion. Dengan video ini setiap orang dapat menyaksikan momen-momen berada di ruang hampa menuju Bumi.

"Itu (video) memberikan pengalaman kondisi berada di pesawat ruang angkasa dan menjadi astronot yang bertahan dalam guncangan atmosfer ketika kembali dari misi ruang angkasa ke Mars," ungkap NASA dikutip Daily Mail, Senin, 22 Desember 2014.

Meski video tersebut telah ditayangkan saat peluncuran Orion dengan real time streaming oleh NASA Television, namun ada beberapa peristiwa yang belum diketahui secara keseluruhan yang terjadi pada kapsul tersebut.

Kamera ini mampu merekam pemandangan dari ruang angkasa hingga mendarat di Samudera Pasifik. Kala itu Orion mengalami suhu puncak saat kembali dari ruang angkasa. Meningkatnya suhu tersebut akibat pergesekan Orion dengan atmosfer, sehingga tampak plasma perubahan warna dari putih hingga berwarna kuning

Video yang berdurasi 10 menit itu menunjukkan kondisi Orion saat memasuki Bumi, diakhiri dengan pendaratan di Samudera Pasifik, dengan membuka parasutnya. Parasut itu bertujuan memperlambat jatuhnya pesawat menjadi 20 mph atau 32 kilometer per jam.

Orion menjadi titik sukses tahap pertama bagi NASA dalam memenuhi ambisinya untuk mengirim astronot ke Mars. Planet merah tersebut menjadi pilihan karena diduga menjadi planet layak huni bagi manusia di masa depan.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

"Uji terbang Orion merupakan langkah besar bagi NASA dan benar-benar penting dari pekerjaan kami untuk meniti luar angkasa pada Perjalanan kami ke Mars," kata Administrator NASA, Charles Bolden.


BACA JUGA:

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024